Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tanjungpinang Fest 2024 Siap Digelar 5 Agustus, Angkat Kenangan Kota Lama Jadi Kenyataan
Oleh : Devi Handiani
Kamis | 25-07-2024 | 17:04 WIB
Tanjungpinang-Fest1.jpg Honda-Batam
Tanjungpinang Fest 2024 Siap Digelar 5 Agustus. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang siap menyelenggarakan Tanjungpinang Fest 2024 di kawasan Kota Lama, tepatnya di Jalan Merdeka dan Teuku Umar, pada 5-11 Agustus mendatang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang, Muhammad Nazri, melalui Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Pariwisata, Salman, menjelaskan Tanjungpinang Fest adalah event akulturasi seni budaya dan kreativitas. Tahun ini, acara tersebut mengusung tema "Dari Kenangan Menjadi Kenyataan".

"Kita ingin mengangkat Kota Lama sebagai suatu kenangan yang menjadi kenyataan. Supaya masyarakat dan generasi muda sekarang mengingat bahwa Kota Lama di Jalan Merdeka dulunya tersohor sebagai pusat peradaban dan perekonomian, menjadi tempat orang-orang duduk dan berunding di kedai kopi legendaris yang ada di sana," ungkap Salman, Kamis (25/7/2024).

Tanjungpinang Fest 2024 merupakan salah satu dari 70 even Kharisma Even Nusantara (KEN) yang ada di Indonesia tahun ini.

"Alhamdulillah, Tanjungpinang terpilih dari ribuan proposal yang masuk untuk even KEN ini. Di Kepri, ada 4 even selain Tanjungpinang Fest, yaitu Wonderfood Art Ramadhan dan Kenduri Seni Melayu di Batam, serta Padang Melang International Folklore di Kabupaten Kepulauan Anambas," ucap Salman.

Ia mengatakan, pelaksanaan Tanjungpinang Fest 2024 dijadwalkan berlangsung selama tujuh hari, 5-11 Agustus. Acara akan dimulai dengan bazar yang dibuka Penjabat Wali Kota Tanjungpinang, Andri Rizal, bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kepri. Dilanjutkan malam harinya, akan dilangsungkan pembukaan resmi Tanjungpinang Fest 2024 secara keseluruhan.

"Dijadwalkan acara pembukaan akan dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, didampingi Gubernur Kepri, Pj. Wali Kota, Kepala Perwakilan BI Kepri, serta Forkopimda dan pejabat pemprov Kepri dan pemko Tanjungpinang," ujar Salman.

Tanjungpinang Fest 2024 akan diramaikan penampilan artis ibu kota, di antaranya Souljah Band, Robi Anima Band, Rudi Caffein Band, AXL Ramanda, Anna Zanet, Candil, dan Bedu yang akan menjadi pembawa acara pembukaan.

"Kita juga masih menunggu konfirmasi apakah Asri Welas akan berduet dengan Bedu pada malam pembukaan," tambahnya.

Rangkaian acara juga akan diisi dengan bazar UMKM, Gebyar Melayu Pesisir Bank Indonesia, atraksi seni dan budaya dari sanggar seni di Tanjungpinang seperti singa reog, kuda kepang, barongsai dan parade naga, Makyong, hingga Bangsawan.

Selain itu, karena even ini hasil kolaborasi, akan ada berbagai kegiatan dan lomba kreatif seperti fashion show, modern dancer, kompetisi e-sport mobile legends, melukis, mewarnai, lomba foto Instagram, lomba video UMKM, dan festival band.

"Pada malam kelima, hari Jum'at, akan diadakan Kongres Kopi se-Nusantara. Penutupan acara masih akan diisi dengan lomba kreativitas dan malamnya akan ada pengumuman pemenang lomba serta hiburan dari artis dangdut Anna Zanet," pungkas Salman.

Even ini adalah kegiatan kolaborasi Kemenparekraf, Pemprov Kepri, Pemko Tanjungpinang, Bank Indonesia perwakilan Kepri, komunitas Kopi Merdeka, pelaku seni, budaya, dan kreativitas kota Tanjungpinang, serta partisipasi masyarakat setempat.

Melalui even ini, Salman berharap dapat mencapai tujuan utama dalam mendukung dan menggairahkan UMKM, meningkatkan kunjungan wisatawan, menyediakan wadah ekspresi bagi para pelaku seni, budaya, dan kreativitas; serta meningkatkan pendapatan masyarakat di kota Tanjungpinang.

"Kami mengajak masyarakat untuk mendukung dan menyukseskan Tanjungpinang Fest 2024 di Kota Lama," tutupnya.

Editor: Yudha