Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hadiri Gebyar Muharram 1446 H di Bintan, Ansar Ajak Masyarakat Perkokoh Keimanan dan Persatuan
Oleh : Redaksi
Senin | 15-07-2024 | 18:55 WIB
Ansar-1muharran-Bintan1.jpg Honda-Batam
Gebyar Muharram 1446 Hijriah yang diselenggarakan di Kabupaten Bintan di Gedung Nasional, Tanjung Uban Kabupaten Bintan. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad didampingi Ketua BKMT Provinsi Kepri Dewi Kumalasari Ansar menghadiri kegiatan Gebyar Muharram 1446 Hijriah yang diselenggarakan di Kabupaten Bintan. Bertempat di Gedung Nasional, Tanjung Uban Kabupaten Bintan, Ahad (14/7/2024).

Kegiatan yang mengusung tema "Kuatkan Persaudaraan dan Kepedulian serta Spirit Baru" ini, diawali dengan Festival Nasyid yang diikuti oleh para remaja se-Kabupaten Bintan dan Pawai Ta'aruf yang diikuti oleh 3.000 anggota BKMT se-Kabupaten Bintan.

Dalam sambutannya, Gubernur Ansar menekankan pentingnya acara ini sebagai momentum untuk memperkokoh rasa keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT serta mengenang hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah.

"Melalui acara Gebyar Muharram ini, kita tidak hanya mengenang sejarah akan hijrahnya Nabi Muhammad dari Kota Mekkah ke Kota Madinah, tetapi juga sebagai momentum bagi kita umat Islam untuk meneguhkan komitmen kita dalam memperkokoh rasa keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT dan Rasulnya yang telah membawa agama Islam," kata Gubernur Ansar.

Gubernur Ansar juga menyoroti semangat persatuan, keberagaman dan perdamaian yang terpancar dari perayaan ini sebagai cerminan bagi keharmonisan masyarakat Kepulauan Riau, khususnya Masyarakat Kabupaten Bintan yang turut hadir memeriahkan acara ini.

"Peringatan Tahun Baru Islam 1446 Hijriah melalui penyelenggaraan acara Gebyar Muharam ini adalah sebagai tongkat estafet bagi setiap muslim untuk selalu menerapkan hal-hal positif dan menjadi refleksi serta motivasi untuk perbaikan diri," ujarnya.

Gubernur Ansar juga mengajak seluruh masyarakat Kepulauan Riau untuk menjaga persatuan, kerukunan dan bersinergi dengan Pemerintah dalam mewujudkan Kepulauan Riau yang makmur, berdaya saing dan berbudaya.

"Mari kita jadikan semangat 1 Muharram ini untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi dalam menerapkan langkah untuk mewujudkan Pembangunan yang berkelanjutan di Kepulauan Riau khususnya di Kabupaten Bintan," tutupnya.

Sementara itu, Ketua Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Provinsi Kepulauan Riau Hj. Dewi Kumalasari Ansar mengucapkan selamat memperingati tahun baru Islam 1446 Hijriah. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada BKMT Bintan dan semua pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam acara tersebut.

"Mudah-mudahan melalui acara ini masyarakat Kepulauan Riau khususnya masyarakat Bintan dapat memahami makna dari menyambut tahun baru Islam," harapnya.

Bupati Bintan Roby Kurniawan, dalam sambutannya berharap kolaborasi antara BKMT Bintan dengan Pemerintah Bintan dapat terus melanjutkan program-program yang telah berjalan maupun yang masih menjadi PR bagi Pemerintah Bintan.

"Mudah-mudahan kita dapat terus bersama-sama memberikan perhatian khusus terhadap program-progran yang bersifat keagamaan, kita perbanyak lagi kegiatan-kegiatan keagamaan di Bintan, sehingga Bintan benar-benar menjadi negeri yang Madani," kata Roby.

Kegiatan ini ditutup dengan ceramah agama oleh Ustadz Encep Sehabudin, atau yang lebih dikenal sebagai Dai Sejuta Emak-emak.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith, Sekretaris Daerah Bintan Ronny Kartika, Ketua BAZNAS Kepri Arusman Yusuf, Pengawas BKMT Bintan Hafizhah Ramadhani Putri, Ketua GOW Bintan Sabine Rohden, Ketua DWP Bintan Elyza Riani, para Kepala OPD Bintan dan para pimpinan FKPD Bintan.

Editor: Yudha