Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gelar Lomba Perahu Layar Jong di Nongsa, Kapolda Kepri: Semoga Bisa Menjadi Agenda Tahunan
Oleh : Redaksi
Kamis | 27-06-2024 | 16:04 WIB
Perahu-Layar.jpg Honda-Batam
Kapolda Kepri, Irjen Pol Yan Fitri Halimansyah, saat membuka perlombaan Perahu Layar Jong Kapolda Kepri Cup di Pantai Senja, Batu Besar, Nongsa, Kota Batam pada Rabu (26/6/2024). (Humas Polda Kepri)

BATAMTODAY.COM, Batam - Polda Kepri menggelar berbagai macam perlombaan, dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78 Tahun 2024.

Salah satunya perlombaan Perahu Layar Jong Kapolda Kepri Cup. Acara ini digelar di Pantai Senja, Batu Besar, Nongsa, Kota Batam pada Rabu (26/6/2024). Perlombaan ini diikuti sebanyak 75 peserta dengan total 150 perahu.

Kapolda Kepri, Irjen Pol Drs Yan Fitri Halimansyah, mengatakan perlombaan ini bertujuan untuk melestarikan tradisi budaya maritim Kepri, mempererat silahturahmi dan kebersamaan, serta mempromosikan pariwisata Kepri.

"Kita patut bersyukur masih dapat melaksanakan tradisi budaya maritim ini. Perlombaan ini bukan hanya untuk diperlombakan, tetapi juga untuk dilestarikan. Perlombaan ini diharapkan dapat menjadi agenda tahunan dan dapat menarik wisatawan ke Kepri. Untuk para peserta yang akan bertanding agar dapat menjunjung tinggi sportivitas dan menunjukkan kemampuan terbaik yang dimiliki," ujar Irjen Pol Drs. Yan Fitri Halimansyah.

Sementara perwakilan tokoh masyarakat setempat, Haji Halimun, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kapolda Kepri beserta jajaran atas terselenggaranya perlombaan layar jong ini. Ia mengatakan bahwa warga Nongsa sangat senang dan bahagia dengan diadakannya perlombaan ini.

"Kami merasa bangga bahwa kampung kami menjadi ramai dengan diadakannya perlombaan layar jong ini. Mudah-mudahan acara ini dapat menjadi ajang silaturahmi dan mempererat persatuan dan kesatuan antar warga," ucap Haji Halimun.

Acara itu juga disejalankan dengan penyerahan 10 life jacket kepada perwakilan nelayan setempat. Kemudian diakhiri dengan pelepasan perahu jong oleh Kapolda Kepri dan para tamu undangan lainnya. Pelepasan ini menandakan dimulainya perlombaan layar jong.

"Terakhir, untuk masyarakat yang ingin mengadukan atau melihat peta kerawanan serta memerlukan bantuan kepolisian dapat menghubungi Call Center Polisi 110 atau unduh aplikasi Polri Super Apps di Googleplay/APP Store," tutup Kabidhumas Polda Kepri, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad.

Kegiatan ini turut dihadiri Wakapolda Brigjen Pol Asep Safrudin; Pejabat Utama Polda Kepri; Danlantamal IV Batam, Laksamana Pertama TNI Tjatur Soniarto; Dandim 0316/Batam, Letkol Inf Galih Bramantyo; Danlanud Hang Nadim Batam, Letkol Pnb Betya Lukman Madyana; Wakapolresta Barelang, AKBP Syafrudin Semidang Sakti; Pejabat Utama Polresta Barelang; Kapolsek Nongsa, Kompol Restia Octane Guchy; mewakili Kadispora Batam; Ketua Bhayangkari Daerah Kepulauan Riau, Ny Retno Dewi Yan Fitri; Pengurus Yayasan Kemala Bhayangkari Daerah Kepulauan Riau; tokoh masyarakat; tokoh agama serta masyarakat setempat.

Editor: Gokli