Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Layak Didukung untuk Batam 1

Ketua Punguan Naimarata Sebut Amsakar Achmad Sosok Merakyat dan Humble
Oleh : Aldy Daeng
Sabtu | 29-06-2024 | 17:08 WIB
Kancil-Sagala1.jpg Honda-Batam
Ketua Punguan Naimarata Kota Batam, Kancil Sagala. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kian di depan mata, sejumlah kegiatan yang berhubungan dengan pesta demokrasi tersebut sudah mewarnai hampir setiap daerah di Indonesia.

Baik di tingkat provinsi maupun di tingkat kabupaten/ kota. Mulai dari tahapan yang dilakukan oleh penyelenggara pemilu, dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU), hingga ke tingkat kelurahan bahkan tingkat RT. Panitia pun sudah kembali mendata ulang para calon pemilih.

Termasuk Kota Batam, suasana hangat dalam menyambut Pilkada juga kian terasa. Sejumlah baliho, spanduk banner kecil dan besar yang bergambar calon pemimpin Batam di masa akan datang juga sudah terpampang di hampir semua sudut kota Batam.

Sebelumnya hanya dua sosok yang selalu tampil di beberapa acara yang dinilai membawa misi untuk maju sebagai orang nomor satu di pulau yang berbentuk kalajengking ini. Sosok keduanya tidak lain saat ini tengah menjabat sebagai Wakil Gubernur Provinsi Kepri (Marlin Agustina Rudi) dan Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad.

Keduanya tampak sangat bersaing untuk mendongkrak elektabilitas. Meski kegiatan Marlin Agustina Rudi terlbilang lebih padat ketimbang sosok Amsakar Achmad. Akan tetapi, Amsakar Achmad juga sepertinya tidak berpangku tangan. Sistem gerilya pun ia mainkan dengan bertemu langsung calon konstituen tanpa haru mengikuti agenda Pemko Batam, yang diakuinya nyaris tak ada namanya.

Melihat perkembangan politik, khususnya dalam menyambut Pilkada Batam 2024, banyak paguyuban, organsiasi, OKP yang sudah mendeklarasikan mendukung, baik Marlin Agustina Rudi maupun Amsakar Achmad.

Khusus untuk Amsakar Achmad, Ketua Punguan Naimarata Kota Batam, Kancil Sagala menilai bahwa sosok Amsakar Achmad adalah sosok yang bisa jadi panutan. Bukan tanpa alasan, Bang Kancil --sapaan akrabnya, menyebutkan, kedekatan seorang sosok Amsakar Achmad dengan masyarakat tak perlu diragukan lagi. Sebab, sering kali ia melihat sendiri bagaimana sosok Wakil Walikota tersebut begitu santun di hadapan masyarakat. Tak peduli dari kalangan masyarakat dari mana itu berasal.

"Saya pribadi melihat sosok Amsakar sangat merakyat dan humble. Saya kenal beliau sudah belasan tahun, biarpun tidak terlalu dekat. Tapi kedewasaan bersikap yang mengedepankan rasa santun itu yang selalu saya kenang," ucap Bang Kancil, saat ditemui dibilangan Nagoya, Sabtu (29/6/2024).

Lebih jauh Bang Kancil menceritakan, dari segi pengalaman tentang birokrasi, Amsakar tak perlu diragukan lagi. Sosok Amsakar Achmad termasuk ASN yang meniti karir dari bawah. Jabatan yang mentereng sebagai Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam Ia lakoni dengan baik.

Sehingga dari keberhasilan memimpin Dinas yang sangat strategis itu, akhirnya Walikota Batam Muhammad Rudi mau meminang sosok almuni Unri itu untuk menjadi pendampingnya hingga dua periode.

"Saya yakin, siapa pun nanti yang mendampingi Pak Am, sudah sepatunya kita dukung. Beliau berpengalaman di bidang pemerintahan," papar Kancil Sagala.

Ditanya terkait banyaknya baliho yang menyandingkan Amsakar Achmad dengan kader Partai Gerindra yakni Li Claudia Chandra (LCC), Bang Kancil pun menjawab dengan santai, seolah tak mengenal dunia politik.

"Saya tak kenal sama Bu LCC, tapi kalau ibu itu berasal dari Partai Gerindra, saya yakin elektabilitas keduanya akan melejit," ucap bang Kancil Sagala dengan yakinnya.

Oleh karena itu, ia mengajak seluruh masyarakat Batam untuk sama-sama menjaga kota Batam agar tetap kondusif. Jangan terpancing isu-isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Terlibih dalam menyambut Pilkada, biasanya banyak informasi yang tidak sesuai beredar, apalagi di era digital seperti sekarang ini.

"Siapa pun pilihan kita nantinya, mari kita jaga Batam agar tetap aman kondusif, sehingga kita bisa sama-sama mencari nafkah," pungkas Kancil Sagala.

Editor: Yudha