Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Latihan Perdana di Prancis, Garuda Muda Siapkan Mental dan Fisik Hadapi Guinea
Oleh : Redaksi
Selasa | 07-05-2024 | 13:04 WIB
Garuda-Muda2.jpg Honda-Batam
Latihan perdana Gauda Muda di Prancis, Senin (6/5/2024) jelang pertandingan lawan Guinea. (PSSI)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Tim U-23 Indonesia mulai memanaskan mesin untuk menghadapi Guinea. Garuda Muda menantang tim peringkat empat Piala Afrika U-23 2023 itu pada partai play-off Olimpiade 2024 di Lapangan INF Clairefontaine, Prancis, Kamis (9/5/2024).

Shin Tae-yong memboyong anak asuhnya ke Stade Leo Lagrange untuk melakoni latihan perdana di Prancis pada Senin (6/5/2024). Latihan berlangsung mulai pukul 11.00 sampai 13.00 waktu setempat.

"Karena capek, jadi hanya latihan pemulihan dan ada taktik sebentar. Memang kemarin kita perjalanan agak jauh dan lama," kata Shin Tae-yong, demikian dikutip laman PSSI.

Dalam sesi latihan itu, para pemain terlihat masih menjalani adaptasi terhadap lingkungan baru dan cuaca. Maklum, perbedaan suhu di Qatar dengan Prancis cukup ekstrem.

Saat mengikuti Piala Asia U-23 2024 di Qatar, para pemain Timnas Indonesia U-23 bisa merasakan suhu mencapai 35 derajat celcius. Sedangkan, di Prancis, suhunya berkisar di antara 12 sampai 18 derajat celcius.

"Seperti yang dilihat, para pemain menggunakan jaket tebal karena suhu lumayan dingin. Jadi paling penting sebenarnya kontrol kondisi pemain, jadi secara psikologis juga mulai capek dan lelah, jadi kita harus kontrol supaya kondisi pemain tetap fit," ucap Shin Tae-yong.

Selain itu, dari segi makanan dan istirahat, Marselino Ferdinan dan kawan-kawan juga mengalami masalah. Shin Tae-yong lantas membeberkannya.

"Jadi memang ada kesulitan masalah makanan dan masalah tidur juga, karena kita juga buru-buru booking hotel dan lain-lain karena keputusannya setelah selesai pertandingan kemarin di Doha, jadi ada masalah sedikit saja seperti itu," ucapnya.

Kemudian, lapangan latihan di Prancis juga tidak luput dari sasaran kritik Shin Tae-yong. Ia mengeluhkan kualitas lapangannya. "Memang di bawah standar, ya. Artinya tidak seperti di Doha, tetapi katanya di sini yang rumputnya paling baik. Jadi mau tidak mau kita harus adaptasi dengan situasi dan kondisi di sini," tuturnya.

Shin Tae-yong juga menjelaskan soal rencana bergabungnya Alfeandra Dewangga ke skuad Timnas Indonesia U-23. Bek PSIS Semarang itu dijadwalkan bertolak ke Prancis pada Senin (6/5/2024). "Dewangga pasti ke sini," tukasnya.

Editor: Gokli