Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penumpang Membludak, Terjadi Antrean Panjang di Konter Pemeriksaan Imigrasi Pelabuhan Batam Center
Oleh : Aldy Daeng
Jumat | 09-02-2024 | 18:44 WIB
Pelabuhan-Btm-Center1.jpg Honda-Batam
Terjadi lonjakan penumpang kedatangan dari Singapura dan Malaysia di Pelabuhan Internasional Batam Center, Jumat (9/2/2024). (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Memasuki libur Imlek 2024, terjadi lonjakan penumpang di Pelabuhan Batam Center, Jumat (9/2/2024).

Penumpang yang datang dari Singapura dan Malaysia ini, memanfaatkan musim liburan untuk datang berwisata di Kota Batam.

General Manager Operasional Pelabuhan Internasional Feri Batam Center, Nika Astaga, mengakui adanya lonjakan penumpang dibanding hari biasanya. Bahkan hal itu menimbulkan antrian panjang para wisatawan di pelabuhan.

"Kita sudah prediksi hari akan terjadi lonjakan," ujar Nika Astaga.

Bahkan, kata Nika, lonjakan penumpang ini berimbas pada panjangnya antrean di konter pemeriksaan Imigrasi di pelabuhan. Sehingga sejumlah penumpang tertahan di dermaga dan di kapal.

"Benar, ada antrean penumpang dan penumpukan penumpang. Beberapa kapal yang datang juga masih menahan penumpang. Karena di pelabuhan masih penuh dan antrian panjang hingga ke dermaga," ungkap Nika.

Ia juga tak membantah adanya penumpukan penumpang di konter Imigrasi. Hal itu dikarenakan hanya ada beberapa petugas yang berjaga di konter. Dimana dari 12 konter yang ada, hanya ada 5 petugas.

"Fokus penumpukan penumpang di konter Imigrasi. Padahal sebelumnya sudah ada rapat persiapan lonjakan penumpang, tapi ternyata Imigrasi belum siap," pungkasnya.

Sementara, Kepala Kantor Imigrasi kelas IA Khusus Batam, Samuel Toba menyebutkan, penyebab adanya antrian panjang di Pelabuhan Internasional Batam Center karena adanya penambahan trayek kapal feri. Hal itu diperkirakan akibat banyaknya penumpang dari Singapura ingin berlibur ke Batam.

"Hari ini memang ada lonjakan penumpang karena libur panjang, sehingga ada extra ferry," ujar Samuel Toba saat dikonfirmasi melalui pesan singkat.

Dijelaskan, dalam satu kapal ferry, setidaknya ada sekitar 200 penumpang. Sementara, di Pelabuhan terdapat 10 konter pemeriksaan Imigrasi. "Ada 10 konter dan 10 petugas di sana. Jumlah itu sudah maksimal," pungkasnya.

Editor: Yudha