Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KPK Sebut 3 Capres Konfirmasi Hadir di Acara Penguatan Antikorupsi
Oleh : Redaksi
Rabu | 10-01-2024 | 09:40 WIB
debat_ketiga_capres.jpg Honda-Batam
Debat calon presiden ketiga di Jakarta beberapa waktu lalu (Foto: istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut tiga calon presiden (capres) di Pilpres 2024, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, serta Anies Baswedan mengonfirmasi hadir dalam agenda Penguatan Antikorupsi untuk Penyelenggara Berintegritas (Paku Integritas). Mereka akan datang ke agenda tersebut bersama calon wakil presiden (cawapres) mereka masing-masing.

Agenda tersebut dijadwalkan digelar di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (17/1/2024). Agenda ini digelar oleh Kedeputian Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK.

"Informasi yang kami peroleh, yang kami undang dimaksud jadi pasangan calon presiden dan wakil presiden sudah mengonfirmasi nanti akan hadir," kata Juru Bicara KPK, Ali Fikri di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (9/1/2024).

Ali Fikri menyampaikan, ketiga capres dan pasangannya masing-masing diberi kesempatan untuk menegaskan komitmen antikorupsi dalam agenda tersebut. KPK menggelar acara ini sebagai upaya untuk mengawal proses demokrasi yang tengah berlangsung.

"Tentu nanti masing-masing pasangan calon presiden maupun wakil presiden menyampaikan komitmennya terkait dengan pemberantasan korupsi dan diakhiri dengan penandatanganan pakta integritas tentunya dalam rangka pemberantasan korupsi," ujar Ali Fikri.

Juru bicara berlatar belakang jaksa ini menjelaskan, perwakilan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) serta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) juga akan turut hadir dalam agenda tersebut. KPK berkomitmen untuk ikut mendukung pelaksanaan Pemilu 2024.

"Nanti mengenai perkembangan agenda ini pasti kami akan update kembali di bagian pencegahan, karena ini bagian dari pencegahan tindak pidana korupsi," ujar Ali Fikri.

Rencana agenda tersebut sebelumnya telah diumumkan oleh Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron. Ketiga capres akan diundang untuk memaparkan visi misinya mengenai pemberantasan korupsi.

"Kita akan mengundang, kita akan bikin forum sendiri khusus untuk isu antikorupsi," ujar Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron di gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (14/12/2023).

Disampaikan Ghufron, undangan KPK kepada ketiga capres tersebut sebagai bentuk komitmen para capres dalam mengawal agenda pemberantasan korupsi. Hanya saja, ketiganya nanti tidak akan berdebat terkait materi pemberantasan korupsi.

"KPK nanti untuk mengawal dan kemudian memastikan komitmen para capres pada agenda-agenda pemberantasan korupsi, KPK akan mengadakan momen sendiri, bukan debat tetapi kita akan bikin momen bagaimana visi misi dia dalam perspektif untuk memberantas korupsi," ungkap Ghufron.

Editor: Dardani