Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wow, Ditemukan Jagung Ungu Penangkal Diabetes
Oleh : Redaksi/M
Senin | 24-09-2012 | 10:04 WIB
Jagung_Ungu_-_batamtoday.jpg Honda-Batam
Varietas jagung ungu, foto:Indiatimes

LIMA, batamtoday - Sebuah varietas jagung baru dikembangkan di Amerika Latin. Dua negara, masing-masing Peru dan Chili sebagai tuan rumah bagi tanaman jagung ungu yang diketahui dapat menyembuhkan penyakit diabetes tersebut.


Jagung yang satu ini warnanya ungu gelap kehitaman. Konon rasanya tidak berubah dari rasa jagung biasanya, hanya saja warnanya memang berbeda.

Dikutip dari IndiaTimes, Senin(24/9/2012), jagung ungu adalah produk pengembangan makanan masa depan, yang bermanfaat besar bagi kesehatan. Jagung ini dapat menyembuhkan diabetes tipe 2 dan penyakit ginjal. 

Umumnya diabetes tipe 2 disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, dengan pengonsumsian yang teratur maka jagung ini akan membantu menyeimbangkan gula darah tubuh.

Para peneliti dari departemen pangan dan nutrisi serta biokimia universitas Hallym di Korea juga ikut serta meneliti jagung tersebut. Hasilnya, ditemukan bahwa ada sel dan molekul antosianin aktif dalam jagung ungu. Zat ini yang dipercaya dapat membuat kadar gula darah jadi seimbang di dalam tubuh sehingga para peneliti berkesimpulan bahwa jagung unggu sebuah varietas baru yang paling bermanfaat untuk dikembangkan kemudian hari.