Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

450 JCH Batam Gagal Terbang
Oleh : ali/ypn
Jum'at | 21-09-2012 | 13:51 WIB

BATAM, batamtoday - Jemaah Calon Haji (JCH) Kloter I Embarkasi Batam terancam gagal diberangkatkan pada hari ini menyusul adanya informasi pelarangan terbang di zona udara Colombo yang menjadi rute penerbangan menuju Jeddah, Arab Saudi.


Sejatinya, 450 JCH Kloter I Embarkasi Batam sudah mengudara dengan pesawat Boeing 747-400 milik Maskapai Saudi Arabian mengingat jadwal keberangkatan mereka pada pukul 10.00 WIB.

Namun saat para penumpang sudah berada di dalam kabin dan pesawat jelang lepas landas, otoritas Bandara Hang Nadim, Batam, tiba-tiba mendapat kabar bahwa pesawat tidak dapat diberangkatkan.

Otoritas bandara menerima informasi saat ini sedang berlangsung latihan perang persemakmuran Colombo, padahal zona udara negara-negara itu menjadi salah satu rute lintasan pesawat menuju Jeddah.

"Colombo tidak membenarkan ada pesawat komersil yang melintas, kecuali pesawat tempur yang ikut serta dalam pelatihan," ujar Setyo Utomo, Kabid Operasional Darat Bandara Hang Nadim Batam, Jumat (21/9/2012).

Pesawat yang ditumpangi para JCH asal Batam itu pun gagal terbang dan sampai sekarang pihak-pihak terkait belum dapat memastikan kapan akan diberangkatkan.

Bahkan pesawat haji itu pun berkemungkinan gagal terbang pada hari ini jika otoritas terkait tidak dapat menentukan rute penerbangan alternatif mengingat latihan perang itu digelar selama dua hari.

Setyo Utomo mengatakan, secara rinci pihaknya mendapat informasi dari otoritas udara Colombo bahwa zona udara negara-negara itu ditutup untuk penerbangan komersil pada pukul 9.30 hingga 12.00 waktu dan pukul 14.00 hingga 16.00 waktu setempat.

"Kami belum dapat memastikan kapan dan waktunya para jemahaah calon haji ini dapat diberangkatkan dari Bandara Hang Nadim Batam menuju Jedah. Sekarang ini kami sedang mencari alternatif rute baru," katanya.

Hingga berita ini dirilis, para penumpang masih berada di dalam pesawat.