Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hari Jadi ke-21 Provinsi Kepri, Titik Kulminasi dan Bagian Bersejarah dalam Eksistensi Daerah
Oleh : Harjo
Senin | 25-09-2023 | 13:32 WIB
Kepri-21.jpg Honda-Batam
Wakil Bupati Ahdi Muqsith, saat bertindak sebagai pembina upacara memperingati Hari Jadi ke-21 Provinsi Kepulauan Riau tahun 2023 di Kabupaten Bintan, Senin (25/9/2023). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Wakil Bupati Ahdi Muqsith bertindak sebagai pembina upacara peringatan hari jadi ke-21 Provinsi Kepulauan Riau tahun 2023 di Kabupaten Bintan. Upacara ini digelar di Bandar Seri Bentan, Senin (25/9/2023).

"Peringatan Hari Jadi Provinsi Kepulauan Riau ke-21, sebagai titik kulminasi dari bagian bersejarah dalam eksistensi daerah. Dengan berpegang pada warisan budaya Gurindam 12, sebagai nilai tunjuk ajar kehidupan beragama, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," katanya, saat membacakan pidato Gubernur Kepri.

Provinsi Kepulauan Riau yang berdiri melalui UU nomor 25 tahun 2022, tertanggal 24 September 2002, menjadi provinsi ke-32 di Indonesia. Dengan motto 'Berpancang Amanah Bersauh Marwah', provinsi ini melambangkan semangat bumi Melayu, yang melengkapi identitas sosial di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Wabup Ahdi menyampaikan, hingga saat ini, masih banyak tantangan global yang harus dihadapi. Sektor ekonomi, ancaman ketidakstabilan inflasi, pengangguran, kemiskinan, pendidikan, kesehatan dan berbagai persoalan sosial lainnya mesti dijawab dengan inovasi serta terobosan yang tertuang dalam program maupun kebijakan.

Beberapa fokus pembangunan juga disampaikan dalam kesempatan tersebut. Mulai dari progres pembangunan jembatan Batam-Bintan, pembangunan 77 tower BTS, pengembangan UMKM, program Kepri Terang dan berbagai upaya lainnya.

"Mari bersama memberikan kontribusi dalam menghadapi tantangan dunia yang semakin kompleks. Hendaklah berjasa pada yang sebangsa, pahami satu baris dalam bait Gurindam ini, untuk kita bersama bisa andil dan berkontribusi," imbuhnya.

Usai pelaksanaan upacara, Wabup atas nama Pemerintah Kabupaten Bintan dan segenap masyarakat menyampaikan ucapan serta doa, untuk Kepri yang semakin maju. "Dari Bandar Seri Bentan kami mengucapkan, selamat Hari Jadi ke-21 Provinsi Kepulauan Riau. Ekonomi Maju untuk Kepri Berbudaya," tutupnya.

Editor: Gokli