Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Baksos TNI di Mako Farharkan Mentigi Mulai Khitanan Gratis hingga Pembagian Sembako
Oleh : Harjo
Senin | 25-09-2023 | 09:57 WIB
3333_bsksos-mentigi_0239383467346.jpg Honda-Batam
Kegiatan bakti sosial kesehatan TNI di Mako Fasharkan Mentigi Tanjunguban. (Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Bakti sosial kesehatan TNI di Mako Fasharkan Mentigi Tanjunguban ini dihadiri Sardison mewakili Gubernur Kepri, M. Lukman mewakili Bupati Bintan, perwira di jajaran TNI AL, perwakilan TNI AU dan TNI AD serta Kompol Suwitnyo Kapolsek Bintan Utara mewakili Kapolres Bintan, serta pemerintah setempat.

Pada saat kegiatan khitanan massal, Panglima Koarmada 1 Tanjungpinang Laksamana Muda TNI Achmad Wibisono sempat berbincang singkat dengan sejumlah anak yang mengikuti khitanan.

"Tadi saya bertanya kepada mereka apakah sakit atau tidak. Saya ingin menguatkan mereka agar tidak grogi atau takut," ungkapnya, Minggu (24/9/2023).

Panglima Koarmada 1 Tanjung Pinang berharap, dengan adanya kegiatan Baksos Kesehatan seperti khitanan massal, donor darah dan pemberian sembako ini, bisa meningkatkan sinergitas antara TNI -Polri hingga masyarakat umum dan pemerintah.

TNI menargetkan, pemberian paket sembako 200 orang. Khitanan gratis diberikan kepada 30 orang anak. Kemudian, untuk operasi katarak diberikan kepada 20 orang, dan operasi bibir sumbing sebanyak 9 orang.

"Dan donor darah 300 orang. Khusus operasi katarak dan bibir sumbing, tidak dilakukan pada hari ini. Namun akan dilakukan pada Kamis 29 September 2023 mendatang, di RSAL dr Midiyato Tanjungpinang," jelas Laksamana Muda TNI Achmad Wibisono.

Pangkoarmada 1 Tanjungpinang menyampaikan, Koarmada 1 Tanjungpinang bersama jajarannya hingga Lantamal dan Lanal se-Kepri menargetkan, kegiatan pengobatan umum serta pemberian sembako itu kepada 1.226 orang. Sedangkan donor darah ditujukan kepada 1.015 orang

Selain Baksos Kesehatan dan pemberian sembako, pada rangkaian HUT TNI ke-78 dengan tema Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju ini, Matra TNI di Tanjungpinang-Bintan melaksanakan kegiatan senam bersama dipusatkan di Korem 033/WP. Selain itu ada kegiatan bazar murah. Sedangkan di pusat Jakarta, ada lari maraton, fun run. Terakhir, nanti akan dilaksanakan pameran alutsista oleh TNI di Jakarta.

"Kegiatan puncaknya pada upacara peringatan HUT ke-78 TNI, tanggal 5 Oktober, di Jakarta. Untuk di Tanjungpinang, akan kita pusatkan upacara HUT ke-78 TNI tahun 2023, di Tugu Sirih tepi laut Tanjungpinang," ujar Pangkoarmada 1 Tanjungpinang.

"Pada HUT ke-78 TNI ini, kita berharap sinergitas TNI-Polri serta semua pihak, agar saling mendukung untuk mencapai Indonesia maju," tutupnya.

Editor: Gokli