Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Agar Tak Bebani APBD Bintan

Taman Kota di Lobam Diusulkan Dikelola Swasta
Oleh : hrj/dd
Rabu | 12-09-2012 | 14:33 WIB

TANJUNGUBAN, batamtoday – Agar tidak membebani APBD Kabupaten Bintan kedepan, Ketua Komisi III DPRD Bintan, Zulkifli meminta kepada Pemerintah Kabupaten Bintan untuk menyerahkan pengelolaan taman kota yang sedang dibangun di Kelurahan Lobam Bestari, Kecamatan Seri Kuala Lobam dan di Kampung Bugis, Kecamatan Bintan Utara kepada pihak swasta.


"Ada efisiensi dan tak membebani APBD," kata Zulkifli saat melakukan sidak pada Selasa (11/9/2012) kemarin.

Sementara Miskal anggota Komisi II DPRD Bintan, meminta agar Pemkab Bintan melibatkan masyarakat setempat yaitu masyarakat  di Serikuala Lobam atau Kampung Bugis seperti Karang Taruna, atau organisasi kepemudaan, termasuk organisasi ibu-ibu dalam pengelolaan taman kota tersebut. 

"Masayakata yang ada di sekitarnya jangan hanya sekedar jadi penonton namun harus di ibatkan dalam pengelolaanya. Agar masyarakat bisa menikmati keberadaan pembangunan tersebut,” katanya kepada batamtoday, secara terpisah, Rabu (12/9/2012). 

Sementara itu, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Bintan Raja Muhammad menjelaskan sampai dengan akhir tahun 2012 ini di taman kota Kampung Bugis sudah selesai dibangun 17 gazebo atau pendopo untuk berteduh, pintu gerbang, toilet, sangkar burung, taman bermain, volly pantai, lampu taman, lampu jalan, dan tempat out bound. 

"Untuk gazebo dibangun 12 buah dari dana APBD Bintan, dan 5 gazebo bantuan dari APBD Kepri," ujarnya.

Di taman kota tersebut juga, kata Raja Muhammad akan dibangun kolam renang, untuk menyalurkan bakat serta mencetak atlit renang anak-anak. Karena  kedepan diharapkan akan muncul atlit-atlit renang dari wilayah Bintan Utara, Seri Kuala Lobam maupun Teluk Sebong.