Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Didanai APBN Rp30 M, Pemkab Bintan Bangun Jaringan Listrik
Oleh : hrj/dd
Rabu | 12-09-2012 | 14:27 WIB

TANJUNGUBAN, batamtoday - Pemerintah Kabupaten Bintan akan membangun jaringanlistrik dari pusat pemerintahan Kabupaten Bintan di Bintan Buyu untuk dialirkan ke desa-desa yang ada di sekitarnya. 





Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Bintan, Wan Rudi menjelaskan sebesar Rp. 30 miliar dianggarkan dari dana APBN melalui satuan kerja listrik desa (satkerlisdes) untuk pembangunan jaringan instalasi listrik Desa Berakit, Pengudang, Senggiling, Ekang Anculai, Tanah Merah, Bintan Bekapur dan Penaga. 

"Untuk pembangkitnya nantinya disuplai dari PLTU Galang Batang. Dimana hingga saat ini, desa tersebut masih menikmati program listrik desa dengan menggunakan genset,” katanya, Selasa (11/9/2012) kemarin.
 
Terkait pembangunan jaringan listrik tersebut, Wan Rudi mengharapkan  kepada seluruh masyarakat yang ada di sekitar lintasan jaringan tersebut, untuk merelakan pohon-pohon untuk di tebang. 

"Mohon kerelaan masyarakat untuk merelakan pohon yang dilewati jaringan instalasi pemasangan tiang listrik untuk dipotong secara sukarela, tidak ada ganti rugi. Ini juga untuk kemajuan pembangunan desa," harapnya.

Selanjutnya, Wan Rudi mengatakan untuk daya listrik diambilkan dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) PT Kapital Turbin Indonesia, yang ada  di Galang Batang Kecamatan Gunung Kijang Bintan.  

Sementara itu, Raja Ali Akbar perwakilan PT Kapital Turbin Indonesia, mengatakan PLTU Galang Batang memang memiliki kemampuan menyuplai daya 2X20 megawatt dan mengaku sudah dihubungi oleh Pemkab Bintan.

"Pemkab Bintan sudah mengajukan penambahan dayanya," kata Raja Ali Akbar, Rabu (12/9/2012). 

Raja Ali Akbar menambahkan, perusahaannya mampu menyuplai listrik untuk Tanjungpinang maupun seluruh Kabupaten Bintan, kecuali Kecamatan Mantang, Bintan Pesisir dan Tambelan, karena jaraknya terlalu jauh.