Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Timnas Indonesia Melumat Taiwan 9-0 Tanpa Balas dalam Kualifikasi Piala Asia 2024
Oleh : Redaksi
Minggu | 10-09-2023 | 08:04 WIB
masrselina_timnas-u-23_b.jpg Honda-Batam
Timnas Indonesia U-23 tampil menggila di pentas Kualifikasi Piala Asia 2024, Marselino Ferdina membuka gol pertama Timnas Indonesia melumat Taiwan 9-0 (Foto: PSSI)

BATAMTODAY.COM, Solo - Timnas Indonesia U-23 tampil menggila di pentas Kualifikasi Piala Asia 2024. Marselino Ferdinan Cs melumat China Taipei alias Taiwan dengan skor 9 gol tanpa balas. Indonesia nyaris memetik kemenangan 10-0, tetapi Rafael Struick gagal mencetak gol dari titik penalti.

Hasil ini memastikan Timnas juara grup K kualifikasi Piala Asia 2024. Kemenangan telak 9-0 lawan membuat Indonesia berpeluang besar melaju ke putaran final Piala Asia U-23 di Qatar.

Pratama Arhan dan kawan-kawan cukup bermain imbang melawan Turkmenistan dalam pertandingan terakhir babak kualifikasi pada Selasa (12/9/2023) di Stadion Manahan, Solo.

Berlaga di stadion Manahan Solo, Minggu (9/9) malam, Timnas Indonesia tampil dominan sejak awal permainan. Bahkan laga baru berjalan menit ke-2, Garuda Muda sudah unggul 1-0.

Gol lewat tendangan bebas Marselino yang berhasil menerobos pertahanan dan bersarang di gawang lawan. Marselino Ferdinan mencetak gol melalui tendangan bebas yang langsung mengarah ke gawang.

Rizky Ridho seolah-olah ingin menyambut bola ternyata membiarkan bola lewat di antara dua kakinya dan mengecoh kiper Chang Hsian Cun.

Menit ke-6, Ramadhan Sananta berhasil membawa Indonesia unggul 2-0 lewat tembakan jarak dekat memanfaatkan assist Rafael Struick lewat sundulan.

Menit ke-20, Rafael Struick berhasil membawa Timnas Indonesia U-23 unggul 3-0. Kerja sama satu dua dengan Marselino Ferdinan, Strucik lebih dulu mengecoh beberapa pemain belakang Taiwan sebelum melepaskan tembakan mendatar ke pojok kiri gawang lawan.

Witan Sulaeman berhasil bawa Timnas Indonesia U-23 unggul 4-0. Menit ke-29, mendapat umpan lambung dari Ivar Jenner, Witan yang lolos dari kawalan lebih dulu mengontrol bola sebelum melepaskan tembakan mendatar.

Kiper Taiwan sempat berupaya melakukan blok, namun bola tetap meluncur ke gawangnya. Skor 4-0.

Timnas Indonesia U-23 benar-benar menggila di laga perdana. Menit ke-40, tembakan Rio Fahmi menyambut umpan tarik Witan Sulaeman berhasil membawa Garuda Muda unggul 5-0

Lalu Elkan Baggott berhasil mencatat namanya di papan skor setelah sundulannya berhasil 'merobek' gawang Taiwan di menit ke-58.

Bermula dari umpan sepak pojok Arkhan Fikri di sisi kanan, Baggott berhasil memenangi duel udara dan menanduk bola tanpa bisa dibendung kiper Chang Hsiang Chun. Indonesia pun unggul 6-0 atas Taiwan

Tembakan Marselino Ferdinan di dalam kotak penalti berhasil membawa Timnas Indonesia U-23 unggul 7-0.

Tembakan jarak dekat Hokky Caraka menyambut umpan tarik Kelly Sroyer sukses mengantar Timnas Indonesia U-23 unggul 8-0 atas Taiwan pada menit ke-78.

Timnas Indonesia U-23 berhasil unggul 9-0 atas Taiwan pada menit ke-86. Adalah Pratama Arhan yang kali ini mengukir namanya di papan skor.

Dia menerima umpan terobosan, melewati upaya kiper Taiwan yang berusaha menghentikannya. Arhan lalu dengan tenang menggiring bola hingga ke gawang yang kosong sebelum mencetak gol.

Indonesia memiliki peluang emas untuk mencetak gol ke-10 setelah mendapatkan penalti pada menit ke-87 akibat pelanggaran terhadap Rafael Struick di dalam kotak berbahaya. Namun, tendangan penalti Struick berhasil digagalkan oleh kiper Taiwan.

Editor: Surya