Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Kreatif untuk Masa Depan Indonesia Maju

Road to IdeaFest 2023 Hadirkan Ruang Diskusi bagi Para Pemimpin Lintas Industri dan Generasi
Oleh : Redaksi
Selasa | 05-09-2023 | 13:00 WIB
222_RoadtoIdeaFest2023_1_0292838.jpg Honda-Batam
Akselerasi pertumbuhan ekonomi kreatif untuk masa depan Indonesia maju, Road to IdeaFest 2023 hadirkan ruang diskusi bagi para pemimpin lintas industri dan generasi. (Istimewa)

-

  • Forum ini adalah katalisator komunitas kreatif yang melibatkan para pemimpin bisnis, budaya, ekonomi, seniman, politik, dan pemimpin lainnya dengan visi untuk mendorong masa depan Indonesia maju.
  • Forum ini menyatukan para pemimpin dari berbagai lapisan dan sektor industri sebagai bentuk kolaborasi komunitas, publik, dan sektor privat untuk membangun masa depan yang lebih baik dan menciptakan perubahan positif.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Mendorong insan kreatif untuk berani memimpin perubahan, IdeaFest 2023 mengangkat tema 'Lead the Leap!' untuk membangkitkan dan membangun para pemimpin yang terampil dalam berinovasi, membuat keputusan yang berdampak, dan menciptakan perubahan positif.

Untuk memulai kemeriahan festival kreatif terbesar di Indonesia, IdeaFest 2023 menyelenggarakan sebuah forum diskusi terbatas dalam program Road to IdeaFest 2023 pada 31 Agustus 2023. Kegiatan ini dihadirkan dengan tujuan untuk menjadi penghubung guna menciptakan diskusi tentang masa depan industri kreatif Indonesia yang berdampak secara ekonomi dan kemajuan Indonesia.

Desy Bachir, Co-Chairman IdeaFest menyampaikan, menginjak tahun ke-12, penyelenggaraan IdeaFest tahun ini mengusung tema 'Lead The Leap!' untuk memfasilitasi dan mengakselerasi perkembangan generasi pemimpin baru Indonesia untuk membawa bangsa ini ke potensi maksimalnya di Indonesia Emas 2045.

"Road to IdeaFest 2023 merupakan salah satu rangkaian kegiatan IdeaFest 2023 yang kami hadirkan untuk menciptakan ruang diskusi bagi para pemimpin di berbagai sektor industri kreatif Indonesia. Harapannya, program ini mendorong percakapan dan kesadaran bersama sehingga dapat mempercepat terjadinya perubahan," ungkap Desy Bachir dalam siaran persnya, Selasa (5/9/2023).

Mengundang para pemimpin dari berbagai sektor industri, Road to IdeaFest 2023 mempersembahkan forum terbatas untuk berdiskusi mengenai potensi dan tantangan industri kreatif tanah air. Program ini menghadirkan 3 (tiga) sesi diskusi berjudul LeadTalks yang akan diisi oleh figur-figur inspiratif dari lintas industri mulai dari sektor perfilman, musik, politik, seniman, dan lain sebagainya.

Kegiatan Road to IdeaFest 2023 memberikan ruang diskusi bagi para pemimpin multigenerasi dan multisektor yang terus memperjuangkan perubahan positif bagi Indonesia.

Ketiga sesi LeadTalks tersebut antara lain:

LeadTalks pertama, 'Towards the Future Indonesia as Epicenter of Intellectual Property and Creative Economy' terdiri dari 3 (tiga) pembicara, yakni Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah, Gina S. Noer selaku Filmmaker, Co-Founder & Head of Content Wahana Kreator, dan Kiki Aulia Ucup selaku Founder Pestapora Festival.

LeadTalks sesi kedua 'Designing The Future: Skill Sets and Roles in The Next Generation of Creative Jobs' terdiri dari 3 (tiga) pembicara, yakni Dito Ariotedjo selaku Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Oi selaku Pendiri Swara Gembira, dan Anne Mutia Ridwan selaku COO Future Creative Network.

Pada LeadTalks sesi terakhir membahas tema 'Reimagining Newsroom: Technology and The Future of Journalism' terdiri dari 2 (dua) pembicara, yakni Arifin Asydhad selaku Pemimpin Redaksi Kumparan, dan Sayed Muhammad selaku Founder & CEO USS Networks.

Berangkat dari berbagai tantangan dan isu yang dihadapi oleh berbagai sektor industri di Indonesia, Road to IdeaFest 2023 menghadirkan sesi diskusi yang membahas masa depan Indonesia, terutama untuk industri kreatif.

Dalam hal ini, LeadTalks 1 membahas bagaimana kolaborasi antar daerah dapat membuat ekonomi kreatif Indonesia menjadi tujuan wisata dan penarik devisa yang besar sekaligus soft-power. Dengan demikian, akan semakin banyak talenta tanah air dari bidang ekonomi kreatif yang diakui secara global.

Selanjutnya, LeadTalks 2 membahas bagaimana perkembangan teknologi dan tuntutan zaman mendorong adanya pergeseran keahlian dan peran orang-orang di industri kreatif, sehingga sumber daya manusia dituntut untuk lebih mudah beradaptasi dan lebih cepat mengeksekusi.

Selain itu, menyadari bagaimana penyebaran informasi yang cepat dan keakuratan berita seringkali tidak berbanding lurus, masyarakat perlu mengubah cara mengkonsumsi berita dan konten.

Untuk LeadTalks 3 membahas bagaimana media perlu beradaptasi dalam menyajikan informasi dan hadir di setiap jangkauan pembacanya agar tetap relevan. Ditambah lagi, sesi ini juga membahas bagaimana citizen journalism juga menciptakan platform dan cara baru dalam hal penyebaran informasi.

Menciptakan diskusi antara para insan kreatif pemimpin lintas industri, Road to IdeaFest 2023 mendorong setiap pemangku kepentingan di industri kreatif untuk tidak hanya menciptakan inovasi, tetapi memimpin inovasi tersebut.

Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah --yang tampil pada LeadTalks sesi 1, menyampaikan, "Kami melihat generasi muda Indonesia saat ini memiliki potensi yang sangat besar untuk mengembangkan bakat mereka. Oleh karena itu, perlu kolaborasi dari berbagai sektor untuk turut serta memberikan dukungan kepada mereka."

"Salah satunya dalam bidang kreatif, kita bisa mencari ruang baru untuk perkembangan kelompok kreatif yang diharapkan dapat mendorong kemunculan bakat-bakat baru di bidang kreatif. Pemerintah memiliki peran dalam mendukung, tapi para pelaku juga harus mau terlibat sepenuhnya, karena perlu ada yang menjadi yang pertama agar kita bisa menciptakan preseden," tambahnya.

Di sisi lain, Dito Ariotedjo, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia pada LeadTalks sesi 2 mengatakan, "Kami memainkan peran penting dalam pelayanan kepada pemuda, dengan fokus pada industri kreatif. Kami turut berkoordinasi dengan berbagai kementerian dan lembaga untuk meratakan pembangunan industri kreatif di seluruh Indonesia."

"Kemenpora juga melakukan roadshow ke beberapa institusi pendidikan di Indonesia sebagai bentuk komitmen dalam hal pengembangan keterampilan wirausaha muda. Tidak hanya dalam hal keterampilan, kami turut memberikan dukungan yang komprehensif terhadap kesehatan mental para generasi muda. Seterusnya, kami akan terus memastikan para pemuda mendapatkan dukungan yang tepat dalam hal pengembangan keterampilan dan kesehatan mental untuk masa depan yang lebih baik," sambungnya.

Pada LeadTalks sesi 3, Sayed Muhammad selaku Founder & CEO USS Networks menyampaikan, "Berfokus pada platform media sosial, kami menyadari bahwa perlu adanya pendekatan yang berbeda dalam hal penyajian informasi dan berita kepada Gen Z yang memiliki kebiasaan membaca singkat."

"Dalam upaya menjangkau generasi muda, strategi penyajian konten menjadi kunci, termasuk penggunaan video dengan kalimat-kalimat yang mengundang engagement. Selain itu, homeless media juga kini telah meningkatkan kualitas jurnalisme dengan selalu melakukan verifikasi dan tidak melanggar copyright sebagai bentuk komitmen kami dalam hal kredibilitas," tambahnya.

IdeaFest merupakan festival terbesar di industri kreatif, menghubungkan dan memberdayakan komunitas kreatif untuk berkembang. Selama 12 tahun terakhir, IdeaFest telah mengumpulkan dan berkolaborasi dengan para ahli nasional dan internasional dari berbagai bidang seperti musik, film, fashion, dan teknologi untuk berbagi wawasan dan berkolaborasi.

Tahun ini, IdeaFest menghadirkan lebih dari 200 pemimpin brilian, visioner, dan inovatif dari berbagai bidang untuk berbicara dengan lantang dan berani. IdeaFest menjadi kegiatan yang tepat bagi pekerja seni, profesional maupun wirausahawan, perancang kebijakan, penggemar teknologi, dan setiap insan yang memiliki hasrat untuk berkreasi demi menciptakan dunia yang lebih baik.

IdeaFest 2023 akan diadakan selama 3 (tiga) hari pada 29 September hingga 1 Oktober 2023 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Selatan. Untuk pembelian tiket IdeaFest 2023 dapat kunjungi ideafest.cognitix.id. Dapatkan informasi lebih lanjut perihal keseluruhan rangkaian acara IdeaFest 2023 pada website www.ideafest.id, serta akun media sosial resmi @ideafestid.

Editor: Gokli