Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Perluas Akses Pasar UMKM, BI Kepri dan Instansi Terkait Gelar Pameran Produk Unggulan di Soetta
Oleh : Aldy
Selasa | 18-07-2023 | 11:44 WIB
pameran-produk-UMKM.jpg Honda-Batam
Dekranasda Kepri, Hj Dewi Kumalasari Ansar, saat membuka pameran dan promosi produk UMKM unggulan Kepri di Bandara Soetta pada Minggu (16/7/2023). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Kepri dan PT Angkasa Pura II (Persero) Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang, menyelenggarakan promosi dan pameran produk UMKM unggulan Provinsi Kepri pada 1-30 Juli 2023 di Bandara Soekarno-Hatta.

Secara resmi, kegiatan promosi dan pameran produk UMKM unggulan Kepri dibuka Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kepri, Hj Dewi Kumalasari Ansar pada Minggu (16/7/2023).

Dewi Ansar menyampaikan, apresiasi atas kerja sama dan kolaborasi antarinstansi dalam mendukung penyelenggaraan kegiatan tersebut.

Selain itu, Dewi juga menyebutkan, promosi dan pameran produk unggulan UMKM Kepri akan menjadi acuan untuk mengevaluasi serta menguji efektivitas strategi, program kerja, pembinaan, dan pendampingan yang dilakukan seluruh pihak dalam memajukan UMKM Kepri.

"Tercatat sebanyak 110 pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) atau UMKM turut menjadi bagian atau berperan dalam dari kegiatan promosi dan pameran produk unggulan UMKM dengan lebih dari 150 produk yang dipasarkan," ungkap Dewi Ansar.

"Produk unggulan yang dipasarkan, antara lain, produk kuliner, fashion, wastra dan kriya yang berasal dari 7 Kabupaten/Kota se-Kepri yang disejalankan dengan promosi destinasi wisata unggulan serta pagelaran seni dan budaya Kepulauan Riau," sambungnya.

Kepala Bank Indonesia (BI) perwakilan Provinsi Kepri, Suryono, menyebutkan promosi dan pameran produk unggulan ini diselenggarakan selama satu bulan. Adapun lokasi pameran berada dua bertempat yaitu, di lantai dasar Terminal 3 Bandar Udara Soekarno- Hatta (Bandara Soetta).

Showcasing pertama berada di area komersil depan pintu kedatangan dan pada showcasing kedua berada di area gerai Gerai Nusantara.

Sinergi antar instansi dan kolaborasi ini merupakan upaya untuk memperluas akses pasar UMKM Kepri dan menghasilkan impact yang nyata dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Kepri yang berkelanjutan. "Terminal 3 Bandara Soetta merupakan pintu gerbang moda transportasi udara bagi wisatawan domestik dan mancanegara. Oleh karena itu, penyelenggaraan promosi dan pameran diharapkan dapat menjadi ajang untuk memperkenalkan produk unggulan UMKM Kepri yang telah lolos kurasi kepada pasar domestik maupun luar negeri," ujar Suryono.

Dijelaskan Suryono, kegiatan ini diikuti 110 IKM atau UMKM dengan lebih dari 150 jenis produk unggulan se-Kepri, untuk diperkenalkan dan dipasarkan kepada pengunjung. "Sampai hari ini produk-produk yang telah berhasil dijual sebesar Rp.87.702.000, dengan jumlah pengunjung sebanyak 451 pengunjung," ungkap Suryono.

Pembukaan turut dihadiri Asisten Direktur Bank Indonesia Kepri, Miftachul Choiri; Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepri, Aries Fhariandi; Executive General Manager PT Angkasa Pura II (Persero) Bandara RHF, Muhammad Faisal dan Direktur Human Capital PT Angkasa Pura II, Ajar Setiadi.

Editor: Gokli