Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kepri Berhasil Raih UHC Tahun 2023
Oleh : Redaksi
Rabu | 10-05-2023 | 20:00 WIB
Sekdaprov-BPJS1.jpg Honda-Batam
Audiensi Kepala Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Tanjungpinang di Ruang Kerja Sekretaris Daerah, Lantai 3, Kantor Gubernur, Dompak. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau Adi Prihantara menerima Audiensi Kepala Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Tanjungpinang Fauzi Lukman Nurdiansyah di Ruang Kerja Sekretaris Daerah, Lantai 3, Kantor Gubernur, Dompak, Rabu (10/5/2023).

Kunjungan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang Fauzi Lukman ini dimaksudkan untuk bersilaturahmi sekaligus menyampaikan maksud dari Deputi Direksi Wilayah Kepri Eddy Sulistijanto Hadie bahwa Kepri berhasil mencapai Universal Health Coverage (UHC) di Tahun 2023, dan penghargaan akan diserahkan langsung kepada Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad di kesempatan berikutnya.

Penghargaan tersebut akan diberikan kepada Gubernur Ansar atas keberhasilan cakupan kepesertaan BPJS di Provinsi Kepri dari Kabupaten/kota per April 2023 yang mencapai 92 persen dengan peserta JKN 1.960.000 jiwa, dari 2.100.00 jiwa penduduk di Kepri.

Menanggapi penyampaian dari pihak BPJS, Sekdaprov Adi mengungkapkan bahwa penghargaan dari BPJS Kesehatan yang diberikan kepada Gubernur Ansar merupakan bukti bahwa Pemerintah Provinsi Kepri hadir dalam memberikan perlindungan kesehatan kepada masyarakat Kepri.

"Saya berharap dari penghargaan yang didapat oleh Gubernur Ansar ini bisa dicontoh oleh Kabupaten/Kota dan bisa menjadi motivasi untuk memperbaiki tata kelola anggarannya sehingga bisa melindungi masyarakatnya dari sisi kesehatan," pesan Sekdaprov Adi dilansir dari laman Diskominfo Kepri.

Sekdaprov Adi menambahkan, dengan capaian Universal Health Coverage (UHC) ini merupakan salah satu wujud nyata komitmen dan kehadiran Pemerintah Provinsi Kepri dalam memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat Kepri.

"Penghargaan Ini bentuk kepedulian Pemerintah yang hadir untuk memberikan perlindungan kesehatan bagi masyarakat," ujarnya.

Terakhir, Sekdaprov Adi menjelaskan bahwa Provinsi Kepri sudah mencapai predikat UHC, sudah saatnya diimbangi dengan peningkatan keaktifan peserta, bagaimana akurasi dan validasi data harus ditingkatkan dan keaktifan peserta harus dipertahankan agar masyarakat yang sudah jadi peserta dapat membayar iuran rutin dan tepat waktu setiap bulannya.

"Saya juga berharap agar mutu layanan harus ditingkatkan. Agar dipastikan seluruh fasilitas kesehatan dapat memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat yang datang untuk konsultasi atau yang berobat," tutupnya.

Editor: Yudha