Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Meja Belajar Kurang, Siswa SDN 09 Mukakuning Belajar di Lantai
Oleh : kli/dd
Rabu | 29-08-2012 | 13:14 WIB

BATAM, batamtoday - Sejak berdiri pada tahun ajaran 2012/2013, siswa SD 009 Mukakuning masih menumpang belajar di aula Rusun Mukakuning. Namun, sebanyak 56 siswa yang terdiri dari dua lokal masih kekurangan meja belajar, bahkan papan tulis juga tidak ada. Akibatnya, siswa yang tidak mendapat meja belajar ini terpaksa duduk dan belajar menulis beralaskan lantai.


Pantauan pada Rabu (29/8/2012) tepatnya hari ketiga masuk sekolah setelah libur lebaran, puluhan siswa duduk di lantai untuk menerima pelajaran dari guru. Meski beralaskan lantai sekitar 30 siswa di ruang kelas B terlihat bersemangat menerima pelajaran dari guru.

Kondisi ini, menurut Ketua Komite SD 009 Mukakuning, Musrin sudah seharusnya diperhatikan oleh pihak pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan Kota Batam. Selain berharap bantuan beberapa pihak termasuk pemerintah, para orang tua siswa sepakat untuk mengumpulkan dana membeli meja dan bangku belajar bagi para siswa tersebut.

"Selain kita berharap bantuan dari pihak pemerintah, para orang tua siswa sepakat mengumpulkan dana untuk membeli meja dan bangku belajar anak-anak. Padahal, masalah pendidikan sudah seharusnya dieperhatikan oleh pemerintah," ungkapnya seusai melakukan pertemuan dengan para orang tua siswa.

Saat ini, ada sekitar 48 meja belajar di SD 009 Mukakuning, yang mana meja belajar itu merupakan sumbangan dari pihak perusahaan. Sementara, dari pihak pemerintah hanya menyediakan empat tenaga pengajar termasuk kepala sekolah.

"Meja dan kursi yang ada sekarang bukan dari pemerintah melainkan bantuan dari perusahaan. Kalau dari pemerintah hanya ada empat guru saja," tambah Musrin.

Salah seorang siswa, Endo mengaku senang belajar di sekolah itu meskipun masih duduk di lantai, dia tetap ingin belajar bersama rekan-rekannya.

"Senang lah om, kami belajar sambil main. Bangku sama meja tak ada, kata mama nanti mau dibelikan," sebut Endo dengan nada polosnya.