Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kinerja Dinas Kebersihan Karimun, Boros Biaya dan Tenaga
Oleh : khn/dd
Rabu | 29-08-2012 | 10:39 WIB

KARIMUN, batamtoday - Entah karena wilayah pekerjaannya yang kecil atau akibat kurangnya pengawasan dari Pemerintah Kabupaten Karimun, khususnya Dinas Kebersihan Karimun, sehingga untuk membersihkan ilalang saja, yang berada tepat di depan kompleks perumahan Angkatan Laut itu, dikerahkan petugas kebersihan yang jumlahnya sekitar 10 orang.


Akibatnya, saling 'menggajahi' antara pekerja, sangat jelas kelihatan diantara mereka, Rabu (29/8/2012) di Jalan Pendidikan, Kelurahan Teluk Air, Kecamatan Karimun tersebut.

Ironinya, pekerjaan yang semestinya menghabiskan waktu hanya satu jam saja oleh satu orang itu, dikerjakan 1 hari oleh 10 orang petugas kebersihan Pemkab Karimun.

Sehingga pemborosan dari segi biaya maupun waktu, sangat rentan terjadi pada pekerjaan yang kurang terkordinasi tersebut.

Dari pantauan batamtoday, masing-masing pekerja membentuk kelompok cerita. Setiap kelompok beranggotakan 2 orang. Jarak satu kelompok dengan yang lainnya sekitar 4 meter.

Kendati bercerita, mata mereka kelihatan sangat awas terhadap jalanan sekitar. Memperhatikan Mobil Dinas Pemkab Karimun yang melintas di lokasi itu.

Dan mereka akan segera bergegas dan kembali bekerja, jika terlihat mobil pengawas ataupun mobil dinas lainnya dari jarak kejauhan.