Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tiap Bulan, 900 Warga Sungai Lekop Terserang ISPA
Oleh : kli/dd
Senin | 27-08-2012 | 14:37 WIB

BATAM, batamtoday - Berdasarkan data yang diperoleh dari Puskesmas Sungai Lekop, setiap bulan  terdapat sekitar 900 orang warga di kelurahan tersebut terserang penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). 


Kepala Puskesmas Sungai Lekop, dr Sanny Tiurni Ari membenarkan penyakit ISPA merupakan salah satu penyakit yang paling tinggi diderita warga Sungai Lekop. Rekap data per bulan yang mereka lakukan, pasien ISPA yang paling mendominasi dari 10 jenis penyakit yang paling banyak di derita warga.

"ISPA masih tetap diposisi tertinggi, data tiap bulan dari 10 jenis penyakit yang paling banyak diderita warga. Pada bulan Juli lalu, tercatat 912 orang pasien ISPA yang datang berobat," katanya.

Sampai saat ini, kata Sanny, penderita ISPA di Kelurahan Sungai Lekop per bulan rata-rata 900 orang. Memang, penyakit ini merupakan jenis penyakit menular yang disebabkan virus, bakteri maupun kuman, sehingga butuh penanganan yang serius terutama dari penderita itu sendiri.

"Tiap bulan itu, pasien ISPA mencapai 900 orang," ujarnya.

Selain virus, bakteri maupun kuman, kata Sanny ada beberapa faktor penyebab ISPA yakni makanan berminyak, asap, minuman soda dan berbagai jenis yang dapat membuat radang tenggorokan. Oleh karena itu, sebaikanya penderita ISPA lebih menjaga kebersihan diri, lingkungan dan melakukan pemeriksaan secara rutin.

"Antisipasi ISPA harus dimulai dari kebersihan diri sendiri, dan membersihkan lingkungan. Karena jenisnya penyakit menular," terang Sanny.