Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diskominfo Kepri Gelar Pendampingan Pengelolaan Website PPID untuk 43 Admin Pelaksana
Oleh : Redaksi
Senin | 13-03-2023 | 11:00 WIB
pendampingan-PPID.jpg Honda-Batam
Pendampingan Pengelolaan Website PPID kepada 43 Admin PPID Pelaksana yang ada di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepri. (Diskominfo Kepri)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepri selaku PPID  (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) Provinsi Kepri menggelar Pendampingan Pengelolaan Website PPID kepada 43 Admin PPID Pelaksana yang ada di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepri.

Kegiatan ini menghadirkan Ketua Komisi Informasi Kepri, Ferry M Manalu dan Wakil Ketua Jazuli beserta Tenaga Ahli Dinas Komunikasi Kepri, Abdurrakhman Arif sebagai narasumber.

Kepala Dinas Kominfo Kepri, Hasan, menyebutkan pendampingan tersebut menjadi program utama bagi Diskominfo Kepri. Selain untuk mendukung pengelolaan website OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang lebih informatif dan berkualitas, juga menjadi sarana evaluasi.

"Pendampingan ini juga bertujuan untuk menyamakan visi terhadap keterbukaan informasi di Pemprov Kepri. Semua OPD melalui admin pelaksanaanya harus memahami bahwa keterbukaan informasi adalah prinsip bahwa informasi publik harus tersedia dan dapat diakses oleh masyarakat secara bebas, mudah, dan tanpa hambatan berarti," jelas Hasan, demikian dikutip laman Diskominfo Kepri.

Kegiatan pendampingan ini dilaksanakan di ruang rapat Gedung KSP Jalan Basuki Rahmat nomor 1, Selasa - Kamis (7 - 9/3/2023) yang digelar selama tiga hari berturut-turut disambut antusias oleh peserta. Seluruh admin pelaksana di 43 OPD hadir tanpa absen dan bahkan ada OPD yang mengutus tiga orang admin pelaksana meski yang diminta hanya satu orang.

Ketua Komisi Informasi (KI) Provinsi Kepri, Ferry M. Manalu, turut hadir dalam memaparkan materi mengenai Daftar Informasi Publik (DIP)  dan Daftar Informasi yang Dikecualikan (DIK).

DIP lanjut Fery adalah informasi yang wajib disebarkan atau diketahui masyarakat karena bersifat umum dan berkaitan erat dengan kepentingan masyarakat. Sementara DIK adalah juga informasi yang tidak bisa disebarkan ke masyarakat karena dapat menimbulkan hal-hal yang negatif.

"DIP dan DIK ini sangat penting diketahui secara seksama oleh setiap OPD. Hal itu karena DIP dan DIK menentukan dalam pelaksanaan keterbukaan informasi publik di Provinsi Kepri. Kami selaku Komisi Informasi Kepri bertekad untuk terus mengawal dan melakukan perbaikan dalam berbagai aspek, salah satunya dengan menetapkan DIP dan DIK ini. Termasuk pada seluruh Badan Publik di Provinsi Kepri," tutur Ferry M Manalu.

Tidak itu saja, Ferry juga meminta Kepala OPD di Provinsi Kepri beserta admin pelaksana dan juga Badan Publik untuk menguasai dan  memahami Peraturan Komisi Informasi (Perki) No.1 Tahun 2021.

Ferry juga memaparkan UU nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Perki nomor 1 tahun 2021 Tentang Standar Layanan Informasi Publik.

Pada Perki tersebut, kata Ferry dijelaskan tentang klasifikasi informasi yang wajib disebarkan OPD kepada masyarakat. Klasifikasi informasi itu berupa informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala, serta merta,  tersedia setiap saat, dan informasi yang dikecualikan.

Sementara Sub Koordinator Layanan Informasi Publik, Trio Andana yang mengurus PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) Provinsi Kepri menyampaikan ucapan terima kasih atas antusiasnya para admin pelaksana 43 OPD yang telah hadir tanpa kecuali mengikuti pendampingan yang digelar oleh PPID Provinsi Kepri.

"Rasa hormat dan terima kasih kami atas atensi seluruh admin PPID pelaksana  yang telah hadir memenuhi undangan kami pada kegiatan pendampingan ini. PPID pelaksana merupakan ujung tombak yang  telah membantu dan bekerjasama kpd PPID utama dalam hal pengumpulan DIP dan DIK selama ini. Semoga kerjasama kita ini semakin kuat baik kedepannya," harap Trio Andana.

Sebagai informasi Provinsi Kepri berhasil meraih kategori 'informatif' dengan nilai 96,03 dalam Anugerah Keterbukaan Informasu Publik tahun 2022 yang digelar setiap tahun oleh Komisi Informasi Pusat sebagai bentuk kepatuhan badan publik terhadap peraturan dan standar layanan informasi publik.

Editor: Gokli