Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Panjat Pagar Besi, Jimmy Kabur dari Rutan Baloi
Oleh : hz/dd
Sabtu | 25-08-2012 | 12:50 WIB

BATAM, batamtoday - Jimmy Saputra Nasution (18), tahanan yang kabur dari Rutan Baloi Klas II Batam, melarikan diri dengan cara memanjat pagar besi dari ruang tahanan di blok anak (Blok H1) kemudian menyeberang ke ruang isolasi lantas naik ke atas ruang Bimker (kantor) dan berhasil kabur dari ruang pelayanan ke arah Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam, Jumat (24/8/2012) sekitar pukul 18.36 WIB.


Menurut Kepala Rutan Baloi Klas II Batam, Anak Agung Gde Khrisna, rentetan jejak pelarian  Jimmy diketahui berdasarkan rekaman CCtv Rutan Baloi.

"Pelaku kabur dengan cara memanjat pagar besi dan naik ke atap kantor kemudian turun dari ruang pelayanan menuju ke arah kantor Dishub," ujar Agung kepada batamtoday, Sabtu (25/8/2012).

Kaburnya pelaku, lanjut Agung, sesaat sesudah apel bayangan sore hari yang dilaksanakan di Rutan Baloi, dimana ada tahanan yang melaporkan kejadian kaburnya pelaku dari rutan tersebut.

"Pak, Jimmy kabur... Jimmy kabur..," kata Agung menirukan apa yang dikatakan tahanan saat itu.

Sontak saja aksi itu membuat heboh para sipir dan tahanan di Rutan Baloi, setelah dicek dari rekaman CCtv diketahui pelaku kabur dengan memanjat pagar lantas naik ke atap kantor yang terhubung dengan atap ruang pelayanan dan kabur ke arah kantor Dishub Kota Batam.

"Petugas yang mengetahui aksi itu lantas mencoba mengejar korban keluar namun pelaku sudah kabur," terangnya.

Kasus kaburnya pelaku sudah dilaporkan ke pihak Intelkam dan Satreskrim Polresta Barelang, hingga saat ini terus dilakukan pencarian. Bahkan pihak rutan sudah menghubungi pihak keluarga untuk  memberitahukan tentang kaburnya pelaku.

"Pihak keluarga sudah kita hubungi, sebab pelaku sempat menghubungi keluarga dari wartel rutan sore sebelum kejadian," pungkas Agung.