Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Monitoring Harga di Pasar Mega Legenda, Amsakar: Semua Komoditi Masih Taraf Equilibrium
Oleh : Aldy
Selasa | 14-02-2023 | 12:20 WIB
monitoring-harga.jpg Honda-Batam
Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad saat monitoring harga komoditi di Pasar Mega Legenda, Selasa (14/2/2023). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad melakukan monitoring harga di Pasar Mega Legenda, Selasa (14/2/2023). Monitoring ini, untuk mengantisipasi kenaikan harga komoditi, yang belakangan mulai dikeluhkan masyarakat.

Amsakar menyebutkan, saat ini harga sejumlah komoditi di pasar masih terbilang normal. Meski ada beberapa komoditi yang mengalami sedikit kenaikan, ada juga yang masih normal. Artinya untuk Kota Batam masih terbilang terkendali dari segi harga.

"Kalau kita bilang ini masih dalam taraf equilibrium, atau masih berjalan secara harmonis dan juga berimbang. Seperti sayuran yang sudah mulai turun, pasca gagal panen sata musim hujan, sekarang sudah berangsur normal," ujar Amsakar Ahmad, usai melakukan monitoring di Pasar Mega Legenda.

Dalam monitoring harga pasar tersebut, Amsakar menemukan harga beberapa bahan pokok seperti beras dan gula terpantau stabil dan tersedia dengan cukup. Namun demikian, ada sejumlah komoditi yang mengalami sedikit penurunan harga seperti telur ayam buras, di mana beberapa minggau sebelumnya Rp 48 ribu hingga Rp 50 ribu per papan. Untuk hari ini berada di harga Rp 40-42 ribu per papan, tergantung ukuran telur tersebut.

"Sidak ini mendapat apresiasi dari masyarakat dan diharapkan dapat mendorong para pedagang untuk menjaga ketersediaan dan stabilitas harga," katanya.

Ia menegaskan pentingnya menjaga ketersediaan dan stabilitas harga bahan pokok dalam rangka mengatasi inflasi yang terjadi akhir-akhir ini. Untuk itu, pada saat monitoring, Amsakar juga meminta kepada para pedagang untuk tidak melakukan hal-hal yang merugikan konsumen.

"Di samping itu, kami dari Pemko Batam juga akan melakukan operasi pasar dalam waktu dekat ini," terang Amsakar Ahmad.

Mantan Kadisperindag ini menjelaskan, untuk operasi pada Maret 2023 mendatang, ada 96 ribu warga yang akan menerima paket sembako murah yang disubsidi Pemko Batam. Untuk didistribusikan ke-12 kecamatan, pada 64 kelurahan.

"Harganya itu Rp 57 ribu per paket. Kita harap dengan adanya program ini, masyarakat bisa terbantu," kata dia.

Tak lupa, Amsakar mengimbau kepada seluruh masyarakat, agar tidak risau dengan berita kenaikan harga khususnya yang berlaku di daerah lain di luar Batam. "Kita upayakan harga bahan pokok di Batam akan terus stabil hingga menjelang ramadhan dan idul Fitri nanti," tutup Amsakar Achmad.

Editor: Gokli