Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cara Pasang VPN di iPhone dan Android biar Tenang Internetan
Oleh : Redaksi
Sabtu | 11-02-2023 | 18:17 WIB
VPN1.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Virtual Private Networks (VPN) dapat sedikit memberi keamanan lebih, bahkan bisa melewati filter jaringan tertentu, saat berseluncur di dunia maya. Bagaimana cara memasangnya di ponsel?

Penggunaan VPN biasanya dibutuhkan jika Anda menggunakan jaringan Wi-Fi publik. Hal itu berguna untuk menghindarkan diri Anda dari peretas yang bisa menyusup ke laptop atau ponsel Anda.

Dilansir The Verge, VPN menciptakan koneksi terenkripsi yang aman antara perangkat Anda dan sebuah server pribadi sehingga aktivitas Anda tidak terlacak oleh pengguna lain.

Namun yang perlu diingat, aktivitas Anda di dunia maya tetap bisa terbaca oleh penyedia VPN itu sendiri. Maka dari itu, kecermatan memilih VPN sangatlah dibutuhkan.

Cara tersebut bisa dimulai dari dengan tidak begitu saja memasang VPN gratis. Pasalnya, mereka mungkin akan memonetisasi Anda dengan cara yang tidak Anda inginkan, alih-alih menerapkan biaya resmi.

Lantas, bagaimana memasang VPN di ponsel Anda. Simak caranya di bawah ini.

1. Memasang VPN di iPhone
Pertama-tama Anda harus pergi ke App store lalu memilih VPN yang Anda anggap terpercaya lalu pasang (install) aplikasi itu di iPhone Anda.
- Pergi ke Settings (setelan) lalu klik General (Umum)
- Geser ke bawah untuk memilih 'VPN'. (iPhone akan mengindikasikan apakah Anda sedang terhubung dengan VPN atau tidak).
- Ketuk "AddVPN Configuration" (tambah konfigurasiVPN) lalu pada "Type" untuk memilih protokol keamanan (Ikuti instruksi yang disediakan oleh aplikasiVPN pilihan Anda).
- Kembali ke layar "Add Configuration" (Tambah Konfigurasi), di mana Anda akan menambahkan deskripsi, server, remote ID, dan local ID VPN pilihan Anda.
- Masukkan username dan password. Anda juga dapat menggunakan proxy jika suka.
- Ketuk "Done" (selesai). Anda lalu akan dibawa kembali ke layar VPN. Ubah "Status" untuk menyalakan VPN tersebut.

2. Memasang VPN di Android
- Langkah pertama sama dengan di iPhone. Pergilah ke Google Play Store untuk mencari aplikasi VPN pilihan Anda.
- Pergi ke Settings > Network & Internet > Advanced (opsi lanjutan) > VPN. Jika Anda tidak melihat "Network & Internet" di menu Settings (yang tergantung dari opsi pada Android Anda), lakukan pencarian di dalam Settings for VPN. Kemudian pilih tombol "Add".
- Jika Anda menyetelnya di ponsel baru, atau Anda tidak atau belum mengatur passowr pengunci layar, Google akan mengingatkan Anda untuk melakukan hal itu terlebih dahulu. Lakukan hal tersebut.
- Sekarang, buat profil VPN Anda. Tambahkan nama VPN, tipe, dan alamat server lalu klik "Save".
- Anda akan dibawa kembali ke layar VPN, di mana Anda akan bisa melihat nama VPN Anda sekarang.
- Klik nama tersebut, taruh nama Anda dan password untuk VPN. Anda juga dapat memilih menyimpan informasi akun Anda atau secara opsional mengatur VPN agar selalu menyala. Setelah selesai, klik "Connect".
- Masukkan nama VPN, tipe, alamat server, username, dan password.
- Kemudian pilih "Save". Anda selesai.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha