Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pawai Budaya Kemerdekaan, Cerminan Wujud Kekayaan Suku Bangsa di Bintan
Oleh : Harjo
Sabtu | 31-08-2024 | 17:24 WIB
3108_PAWAI-BUDAYA-BINTAN-1_0348348.jpg Honda-Batam
Pawai budaya kemerdekaan merupakan cerminan wujud kekayaan suku bangsa di Kabupaten Bintan. (Foto: istimewa)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Bupati Bintan Roby Kurniawan, menyaksikan Pawai Budaya dan Pembangunan tingkat Kecamatan Gunung Kijang, yang diikuti ribuan peserta dengan beragam busana dan atribut budaya memadati sepanjang jalan Wisata Bahari Kawal.

Para peserta yang terdiri dari siswa baik SD, SLTP, SLTA hingga masyarakat umum menampilkan berbagai budaya Nusantara yang menjadi cerminan keberagaman suku bangsa yang ada di Bintan.

Pakaian adat Melayu, Minang, Batak, Jawa, Dayak, Flores hingga Papua terlihat begitu mempesona dan memanjakan mata masyarakat yang berjejer menyaksikan di sepanjang jalan.

Pawai budaya kemerdekaan merupakan cerminan wujud kekayaan suku bangsa di Kabupaten Bintan. (Foto: istimewa)

Bupati Roby Kurniawan pun sempat beberapa kali turun dari panggung kehormatan dan ikut dalam beberapa atraksi yang ditampilkan para peserta.

Menyaksikan antusiasme masyarakatnya dalam memeriahkan bulan kemerdekaan, menjadi kebahagiaan tersendiri bagi Bupati Bintan Roby Kurniawan.

"Luar biasa, banyak sekali budaya yang kita lihat tadi. Ini sangat positif, terutama untuk anak-anak kita generasi penerus yang harus tahu seberapa kaya budaya yang ada di Bintan," ungkap Roby, di halaman Gedung Community Centre Kawal, Sabtu (31/8/2024).

Bupati Roby Kurniawan bersama Forkopimda menyaksikan pawai budaya kemerdekaan yang merupakan cerminan wujud kekayaan suku bangsa di Kabupaten Bintan. (Foto: istimewa)

Sorak sorai penonton mulai bergemuruh tatkala melihat para lansia Rumah Bahagia Bintan yang tampil (cosplay) sebagai pemain drumband. Seolah menolak kalah dari jiwa-jiwa muda, para lansia (kakek dan nenek) begitu kompak memainkan setiap alat yang dipegang baik tongkat mayoret, bass drum, senare drum, cymball hingga penari latar.

Tak sampai di situ, Pawai Budaya ini juga menampilkan beberapa permainan tradisional dari tanah Melayu dan khas nusantara lainnya. Beberapa kendaraan hias seperti tank, pesawat tempur, kapal dan rumah adat yang melintas pun turut menambah semarak event tahunan tersebut.

Editor: Yudha