Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Perkuat Kapasitas Ekosistem Digital, Huawei Bersama BSSN Dukung Gelaran Kompetisi Keamanan Siber
Oleh : Rerdaksi
Senin | 26-08-2024 | 10:12 WIB
2608_ekosistem-digital_9348347788.jpg Honda-Batam
Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN) --yang merupakan lembaga pendidikan di bawah BSSN, dan Huawei menggelar kompetisi keamanan siber WRECK IT 5.0. (Foto: istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Untuk menjaga keamanan ruang siber dengan memperkuat kapasitas dan kompetensi talenta digital, Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN) --yang merupakan lembaga pendidikan di bawah BSSN, dan Huawei menggelar kompetisi keamanan siber WRECK IT 5.0.

Kompetisi keamanan siber ini untuk meningkatkan kematangan keamanan siber masyarakat sehingga mampu memahami potensi risiko sejak dini dan langkah antisipasi atas serangan siber, yang digelar terbuka untuk umum dengan melibatkan profesional teknologi dan informasi Komunikasi (TIK), dosen dan mahasiswa, hingga siswa SMA.

Bertindak sebagai penyelenggara, Politeknik SSN menggunakan format lomba berupa capture the flag dengan tipe jeopardy dan attack/defence. Pergelaran yang diikuti oleh 239 tim ketegori umum dan 74 tim kategori junior ini menghasilkan 15 finalis yang berlaga di babak final yang diselenggarakan di Huawei Innovation Center, Jakarta dan dibuka oleh Direktur Politeknik SSN Marsekal Pertama TNI R. Tjahjo Khurniawan, S.T., M.Si., serta Cyber Security and Privacy Officer (CSPO) Huawei Indonesia Syarbeni.

Tak hanya itu, pada ajang final tersebut juga diselenggarakan workshop dan seminar mengenai tren keamanan siber terkini dengan menghadirkan sejumlah pembicara, seperti Drs. Slamet Aji Pamungkas, M.Eng., Deputi Bidang Keamanan Siber dan Sandi Perekonomian BSSN, Prof. DR. ENG. Wisnu Jatmiko S.T., M.Kom., pengajar Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, Andi Yusuf, S.T., M.T., Direktur Operasi Keamanan Siber BSSN, dan Rahin Ainul Yaqin, IT Product Manager Huawei Indonesia. Sementara posisi moderator diisi oleh pengajar Politeknik SSN Arif Rahman Hakim dan Dimas Febriyan Priambodo.

Adapun, penyelenggaraan WRECK IT 5.0 merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman antara BSSN dan Huawei untuk menjaga keamanan ruang siber dengan memperkuat kapasitas dan kompetensi talenta digital.

"Apresiasi tertinggi bagi mitra kami Huawei yang terus berkomitmen dalam implementasi nota kesepahaman antara BSSN dan Huawei. Semoga kontribusi dan kerja sama yang telah terjalin apik ini dapat makin menguat dan menciptakan lebih banyak manfaat lagi ke depannya," ujar Deputi Bidang Keamanan Siber dan Sandi Perekonomian BSSN Drs. Slamet Aji Pamungkas, M.Eng dalam keterangannya, Senin (26/8/2024).

Isu privasi data dan keamanan siber menjadi fondasi yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat digital saat ini maupun di masa depan. Oleh karena itu, penguatan kompetensi talenta digital di bidang keamanan siber menjadi langkah strategis dalam memperkuat tingkat kepercayaan digital masyarakat.

Penguatan kompetensi talenta digital merupakan salah satu aspek penting dalam membangun kepercayaan digital. Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat kepercayaan digital masyarakat di Indonesia dan membangun ekosistem yang lebih berkualitas dengan talenta terampil sebagai motor penggeraknya. Huawei akan memberikan dukungan penuh terhadap hal ini," ujar Syarbeni, Cyber Security and Privacy Officer (CSPO) Huawei Indonesia.

Sementara itu, Direktur Politeknik SSN Marsekal Pertama TNI R. Tjahjo Khurniawan, S.T., M.Si. mengatakan, "Kami mengapresiasi dukungan dan kontribusi Huawei pada penyelenggaraan kompetisi ini. Melalui pengembangan talenta digital, kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan dampak positif bagi masa depan ekosistem digital."

Terkait penyelenggaraan kompetisi WRECK IT 5.0, Direktur Operasi Keamanan Siber BSSN Andi Yusuf mengatakan, "BSSN mengapresiasi inisiatif Politeknik SSN dan Huawei menggelar kompetisi ini. Saya berharap kompetisi ini makin memperkuat postur keamanan digital di Indonesia."

Editor: Gokli