Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Harga Beras Premium di Batam Naik Rp 10-15 Ribu per Karung
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 11-02-2023 | 11:28 WIB
001122_beras-012345.jpg Honda-Batam
Salah satu toko kelontong yang menjual beras premium di Pasar Fanindo Batuaji, Kota Batam, Sabtu (11/2/2023). (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Harga beras presmium di sejumlah toko di daerah Sagulung dan Batuaji, Kota Batam, mengalami kenaikan sekitar Rp 10-15 ribu per karung.

Menurut para pedagang di dua daerah itu, kenaikan harga beras premium saat ini merata hampir di seluruh Indonesia.

"Kenaikan harga beras premium ini secara nasional. Kecuali beras bulog, harganya masih tetap seperti biasa," ungkap Acai, salah satu pemilik toko kelontong di Pasar Fanindo Batuaji, Sabtu (11/2/2023).

Dijelaskan, harga beras premium saat ini dikisaran Rp 75 ribu per karung (ukuran 5 kg), dari harga sebelumnya Rp 65 ribu. Sementara beras bulog, masih bertahan di harga RP 9.800 per kg.

Sementara beras premium karung ukuran 10 kilogram naik jadi Rp 130 ribu dari harga awal Rp 110 ribu hingga Rp 120 ribu.

Kenaikan harga beras premium membuat masyarakat kini berahli ke beras Bulog. Pantaun di Pasar Fanindo maupun Pasar SP Sagulung, tidak sedikit warga membeli beras Bulog.

"Yang ramai dibeli beras Bulog dari pagi tadi. Kalau premium hanya satu dua orang saja. Biasanya memang orang pada pilih beras premium," kata Anto, salah karyawan toko kelontong di Pasar SP Sagulung.

Di sisi lain, warga yang keberatan dengan kenaikan harga beras premium tersebut, meminta pemerintah untuk dapat mengkaji kembali kenaikan harga komoditas pokok tersebut.

"Ini masih kurang stabil ekonomi. Tak tepat jika harga beras naik, bisa menjadi beban bagi masyarakat," keluh Bagun, salah satu warga saat ditemui di Pasar Fanindo Batuaji.

Editor: Gokli