Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peringatan HUT RI di Batam Berjalan Sukses
Oleh : ypn
Jum'at | 17-08-2012 | 19:04 WIB

BATAM, batamtoday - Upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-67 di Kota Batam yang digelar di Lapangan Engku Putri berjalan sukses pada saat penaikan di pagi hari, begitu juga pada saat penurunan bendera, Jumat (17/8/2012) sore.


Setelah Wali Kota Batam Ahmad Dahlan bertindak sebagai Inspektur Upacara pada saat penaikan bendera dan detik-detik proklamasi, sore harinya, Wakil Wali Kota Batam Rudi menjadi Inspektur Upacara.

Upacara penurunan bendera di Engku Putri dilaksanakan mulai sekitar pukul 17.00 WIB didahului penampilan marching band Bahana Barelang dan obade dari PGRI Kota Batam.

Tidak lama berselang, tampil mengenakan busana resmi kepala daerah berwarna putih, Rudi berdiri di podium dan menerima laporan dimulainya upacara dari Komandan Upacara Ipda Asril, yang sehari-harinya menjabat sebagai Kanit Turjawali Satlantas Polresta Barelang.

Berbeda dengan upacara penaikan bendera atau detik-detik proklamasi yang dilaksanakan tadi pagi, pada saat upacara penurunan bendera tidak terlihat pengamanan yang ketat dari petugas keamanan.

Sehingga warga sekitar pun dengan leluasa menyaksikan jalannya prosesi upacara dari awal hingga selesai.

Ratusan warga tampak memadati pinggir lapangan tempat dilangsungkannya upacara sambil sesekali bertepuk tangan menyambut positif pertunjukan marching band dan para anggota Paskibra usai mereka melakukan tugasnya.

Para anggota Paskibra yang bertugas menurunkan bendera pun tak kalah baik dari tim yang bertugas menaikkan bendera tadi pagi.

Bertindak sebagai Pembawa Baki Bendera, Nur Fitri Nandini dari SMA Kartini Batam, Pembawa Bendera, Farin Berliano dari SMA Djuwita, Penggerek Bendera, Benediktus Kukuh Yudho dari SMAN 3 Batam dan Pembentang Bendera, Wahyu Pristiawan dari SMAN 1 Batam.

Sedangkan Pembawa Baki Bendera pada saat penaikan bendera adalah Alicia Fatima dari SMAN 1 Batam, Pembawa Bendera Subakti Eko Pratama dari SMAN 4 Batam, Penggerek Bendera, Aditya Abdillah SMAN 1 Batam dan Pembentang Bendera, Reyza Kusuma dari SMAN 3 Batam.

Adapun petugas yang menjadi Komandan Upacara pada saat penaikan bendera adalah Iptu Limin T, Wakasat Sabara Polresta Barelang.

Sama halnya yang ditunjukkan tim penaik bendera tadi pagi, tim penurun bendera pun tidak melakukan kesalahan apapun. Upacara berjalan dengan sukses.

Ucapan selamat dan uluran jabatan tangan pun membanjiri para anggota Paskibara Kota Batam setelah upacara selesai, baik dari para pelatihnya maupun dari para pejabat daerah dan masyarakat yang menyaksikan jalannya upacara.

Bagi Nur Fitri Nandini, Pembawa Baki Bendera, peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indoonesia kali ini pastinya membawa makna khusus bagi putri dari Yulidasril itu.

Dimana kesuksesannya menjadi anggota Paskibra Kota Batam ini menjadi kado spesial bagi dia karena bertepatan dengan Hari Ulang Tahunnya yang ke-16.