Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gubernur Ansar Resmikan Rusun Mako Brimob Polda Kepri
Oleh : Redaksi
Jumat | 30-12-2022 | 11:24 WIB
Abrip-Partono.jpg Honda-Batam
Peresmian Rusun Abrip Partono di Mako Brimob Polda Kepri, Jalan Trans Barelang, Tembesi, Kota Batam. (Diskominfo Kepri)

BATAMTODAY.COM, Batam - Gubernur Kepri, Ansar Ahmad meresmikan Rusun Abrip Partono di Mako Brimob Polda Kepri, Jalan Trans Barelang, Tembesi, Kota Batam pada Kamis (29/12/2022).

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Gubernur Ansar Ahmad dan diteruskan dengan peninjuan rusun bersama Kapolda Kepri, Irjen Pol Aris Budiman dan para pejabat utama Polda Kepri.

Rusun Mako Brimob yang diberi nama Abrip Partono sendiri, terdiri dari 24 tipe rumah, di mana keberadaanya setara dengan tipe rumah ukuran 36. Rumah tersebut bantuan dari Pemerintah Provinsi Kepri dengan alokasi pagu anggaran sebesar Rp 15 miliar.

Selanjutnya pagu anggaran tersebut dijadikan bangunan 4 lantai yang terdiri dari 3 lantai rusun dan 1 basement. Anggaran dilaksanakan selama 2 tahun berturut-turut, masing-masing tahun 2021 sebesar Rp 9,5 miliar dan tahun 2022 Rp 5,5 miliar.

Dikatakan Gubernur Ansar, pembangunan rusun oleh Pemerintah Provinsi Kepri, merupakan bagian dari dukungan terhadap pemenuhan sarana dan prasarna kepolisian di Provinsi Kepri. Yang mana alokasinya, diabil dari pagu anggaran 2021, 2022 dan juga 2023.

"Total pahu dukungan anggaran sendiri mencapai Rp 43 milar," jelas Gubernur Ansar, demikian dikutip laman Diskominfo Kepri.

Dijelaskannya, alokasi dukungan tersebut diperuntukan bagi gedung penjagaan Polresta Tanjungpinang sebesar Rp 900 juta pada 2021 dan pembangunan gedung layanan terpadu satu pintu sebesar Rp 1,4 miliar tahun 2022.

Juga ada dukungan semenisasi peningkatan jalan di Perumahan Mapolda Kepri sebesar Rp 3,5 miliar tahun anggaran 2023, semenisasi akses jalan Rusun Mako Brimob Rp 200 juta tahun anggaran 2022 dan penataan kawasan Gereja Mako Brimob juga Rp 200 juta.

Berikutnya dukungan pembangunan Gedung Direktorat Kriminal Khusus Polda Kepri tahun anggaran 2022 sebesar Rp 9,4 miliar dan pembangunan rusunawa Mako Brimob Polda Kepri sebesar Rp 15 miliar, yang baru saja diresmikan.

Gubernur Ansar juga mengakui, sejauh ini baik Pemprov Kepri ataupun Polda Kepri, terus bersinergi dan berkolaborasi di berbagai kegiatan pembangunan. Seperti pengendalian penanganan pamdemi Covid-19 dan pengendalian dampak inflasi dari kenaikan BBM.

"Kita juga terus bersinergi dan berkolaborasi dalam pelaksanaan keamanan seperti momentum hari besar keagamaan. Termasuk juga terus bersama-sama menjamin keamanan, termasuk pada wilayah perbatasan dan terluar," jelas Gubernur Ansar.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Ansar menandatangani prasasti peresmian Rusun Mako Brimob Polda Kepri, dengan disaksikan langsung Kapolda Kepri Irjen Aris Budiman dan juga Dansat Brimob Polda Kepri, Kombes Pol Mohamad Rendra Salipu.

Sementara itu, Kapolda Kepri, Irjen Pol Aris Budiman mengucapkan banyak terima kasih kepada Gubernur Ansar Ahmad atas nama Pemprov Kepri, yang telah membantu pengadaan kebutuhan dasar berupa perumahan bagi anggota Polda Kepri.

"Setidaknya, dengan adanya tempat tinggal bagi anggota, maka akan memudahkan setiap personel melaksanaakan tugas secara maksimal, guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat," ucap Irjen Pol Aris Budiman.

Editor: Gokli