Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemprov Kepri Siapkan Rp 17 Miliar untuk Perbaikan Pipa di 2023

Gesa Pembangunan SPAM Regional Pulau Bintan, Gubernur Ansar Datangi Kementerian PUPR
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 16-12-2022 | 12:24 WIB
SPAM-Regional.jpg Honda-Batam
Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat mengunjungi Kantor Kementerian PUPR di Jakarta, terkait SPAM Regional Pulau Bintan, Kamis (15/12/2022). (Diskominfo Kepri)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad menindaklanjuti rencana pembangunan SPAM regional di Pulau Bintan guna memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat di pulau tersebut, yakni Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan.

Untuk itu, Gubernur Ansar bersama Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Endang Abdullah; Kepala Dinas Pekerjaan Umum Abu Bakar; Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kepri, Hasan serta Kepala Biro Administrasi Pimpinan, Doddi Septa D mendatangi Kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumaham Rakyat (PUPR), Kamis (15/12/2022).

Gubernur Ansar dan rombongan diterima Dirjen Cipta Karya Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusuma Astuti, untuk membahas finalisasi readiness criteria SPAM regional Pulau Bintan dimaksud.

SPAM regional Pulau Bintan ini nantiya akan melayani kebutuhan air bersih di Kota Tanjungpinang dan kabupaten Bintan. Sedangkan untuk daerah Gunung Kijang dan Toapaya sumber airnya dari Embung Kawal.

Menurut Gunernur Ansar, finalisasi SPAM regional Pulau Bintan ini guna memperbaiki jaringan insfrastutur perpipaan, air baku dan instalasi untuk unit produksinya. Adapun terkait pembahasan kesiapan readiness criteria Pemprov Kepri hampir telah dipenuhi, tinggal izin air baku dari BWS dan kesepakatan Pemerintah Daerah dengan Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR bidang Cipta Karya saja.

"Air bersih ini kebutuhan dasar masyarakat. Setiap tahun jumlah penduduk juga akan bertambah sehingga kebutuhan air juga akan bertambah. Makanya kita pikirkan ini dari sekarang agar ketersediaan air bersih bisa mengimbangi lanjunya pertumbuhan penduduk dan kebutuhan air," kata Gubernur Ansar, demikian dikutip laman Diskominfo Kepri.

Adapun dalam kesempatan ini, Dirjen Cipta Karya meminta kepada Pemerintah Provinsi Kepri untuk bersama-sama memenuhi readiness criteria SPAM regional Pulau Bintan sesuai dengan kebutuhan.

Editor: Gokli