Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mobil dan Jerigen Berlomba Antri Solar di SPBU Genta 3
Oleh : kli/dd
Senin | 13-08-2012 | 12:10 WIB

BATAM, batamtoday - Puluhan mobil dan jerigen antrian panjang di SPBU Genta 3 Batuaji untuk mendapatkan solar bersubsidi. Tak heran puluhan mobil yang antri ini didominasi mobil 'siluman' yang mengisi solar melebihi kuota himbauan Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan, Senin (13/8/2012) sekitar pukul 10.00 WIB.


Pantauan batamtoday di lapangan, antrian mobil sempat mengular sampai ke bahu jalan. Namun, antrian tersebut tidak berlangsung lama setelah beberapa wartawan melakukan peliputan di SPBU tersebut. Sementara, pemilik jeregen masih tetap santai melakukan pengisian solar dan selanjutnya diangku menggunakan mobil minimus jenis Suzuki Carry.

Sehingga dapat disimpulkan, antrian panjang yang terjadi di beberapa SPBU khususnya di pompa pengisian solar itu terjadi karena dua sebab, yakni mobil 'siluman' melakukan pengisian hingga ratusan ribu atau ratusan liter dan beberapa mobil melakukan antrian berulang-ulang dalam satu tempat.

Salah seorang petugas SPBU yang namanya tak mau disebut mengatakan, tak tahu dengan mobil 'siluman' itu. Mereka sebagai karyawan hanya melakukan tugasnya untuk melayani pembeli.

"Mana tahu kami bang, yang penting kami isi sesuai dengan yang dibeli," dalih pria berbaju merah dengan tulisan Pertamina.

Memang, penjelasan karyawan SPBU itu hanyalah sebagai ilmu selamat. Karena pada dasarnya penyelewengan BBM ini terjadi sudah saling mengetahui antara pemain dengan petugas SPBU.

"Kami ini hanya karyawan pak, datang kami layani, toh juga semua pihak terkait diam-diam saja," katanya.