Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Makanan Wajib Bagi Penderita Kurang Darah
Oleh : Redaksi
Senin | 13-08-2012 | 10:44 WIB
Makanan_Penambah_Darah.jpg Honda-Batam
Ilustrasi: makanan penambah darah

BATAM, batamtoday - Pernakah anda mengalami kondisi dimana mata anda berkunang-kunang disaat anda akan berdiri, sering pusing, mudah lemas, pucat, jantung berdetak kencang, bahkan nafas terasa pendek. Jika memang pernah, barangkali anda mengidap anemia, atau kekurangan zat besi.


Bukannya mau menakuti, tapi anemia ini juga merupakan penyakit yang tergolong berbahaya, yang memiliki resiko yang berbahaya pula. Effeknya mulai dari yang paling kecil, malas beraktifitas hingga mengakibatkan kematian. Biasanya anemia ini banyak di derita oleh kaum hawa dari pada kaum lelaki. 

Kasus anemia yang paling banyak terjadi adalah dikarenakan kekurangan zat besi atau sel darah merah (Fe), kalau sudah demikian maka banyaklah mengkonsumsi makanan yang benyak mengandung zat besinya, biasanya banyak terdapat pada jenis sayuran hijau, kacang-kacangan, tahu tempe, dan lain-lain. 

Berikut jenis makanan penambah darah yang dihimpun batamtoday dari berbagai sumber :

Makanan yang mengandung klorofil
Makanan yang banyak mengandung zat hijau daun (chlorophyll). mulai sekarang untuk anda yang tidak suka dengan yang namanya sayur, agar kebiasannya itu di perbaiki. Kebanyakan gadis-gadis saat ini kurang begitu suka dengan sayur. Sayuran itu banyak sekali kandungan zat besi yang baik untuk tubuh diantaranya adalah daun pucuk ubi, kangkung, selada, bayam, brokoli, seledri, kembang kol, lobak, kubis, daun katu, daun melinjo dll.

Lobster/Prawns/Udang-Galah
Anda suka udang galah?, walau harga udang galah (macrobrachium Rosenbergi de man) dipasaran terbilang lumayan mahal, tapi ternyata udang galah memiliki kandungan zat besi yang tinggi, udang galah memiliki kandungan fosfor, zat besi, magnesium, zinc, sodium, potassium, kalsium dan kalori serta terdapat banyak viamin lainnya yang dapat menjadi makanan penambah darah.

Kacang-kacangan 
Kacang almond sebagai makanan penambah darah juga merupakan satu dari sekian banyak jenis kacang yang cukup popular dan banyak manfaatnya untuk kesehatan, karena dalam 100 gram kacang almond yang kita konsumsi perhari, sudah memenuhi 6% dari kebutuhan zat besi untuk setiap harinya.

Buah-buahan 
Makanan yang satu ini cendrung disukai banyak orang, rajin-rajinlah mengkonsumsi buah-buahan karena banyak zat besi yang terkandung didalamnya. Buah-buahan yang kaya akan zat besi sebagai makanan penambah darah antara lain: buah bit, buah alpokat, anggur, semangka, molen, kundur dll.

Jamur tiram 
Berbagai informasi menyebutkan bahwa kandungan nutrisi dalam jamur ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) memiliki kandungan gizi berupa Kalori, kalsium, fosfor, vitamin B2, vitamin B1, vitamin C dan folid acid yang terkenal dapat menyembuhkan anemia.