Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Timor Leste Diterima Gabung ASEAN, Jadi Anggota ke-11
Oleh : Redaksi
Minggu | 13-11-2022 | 13:33 WIB
timor_leste_b.jpg Honda-Batam
Timor Leste resmi bergabung sebagai Anggota ASEAN (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) kini resmi menyambut negara Timor Leste sebagai anggota baru. Timor Leste sebelumnya telah menempuh perjuangan panjang hingga resmi menjadi anggota ke-11 ASEAN sejak perhimpunan tersebut berdiri pada 1967 silam.

Adapun keanggotaan Timor Leste dalam ASEAN telah disetujui oleh segenap anggota dan akan rencananya akan disahkan pada KTT ASEAN tahun depan.

"Kami para pemimpin Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) pada prinsipnya sepakat untuk mengakui Timor-Leste sebagai anggota ke-11 ASEAN," bunyi kesepakatan anggota ASEAN diwakili oleh tuan rumah dalam pertemuan di Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (12/11/2022).

Timor Leste kini dapat bernafas lega setelah bertahun-tahun memperjuangkan diri agar diterima menjadi anggota ke-11 ASEAN.

Pasalnya, hal tersebut tak mudah dan menghadapi berbagai rintangan yang tak terlepas dari status negara muda tersebut.

Adapun Timor Leste merupakan salah satu negara 'baru' dibandingkan dengan negara lain di kawasan Asia Tenggara.

Mengutip Refworld, Timor Leste baru memperoleh status merdeka dari PBB pada 20 Mei 2002. Itu pun tak terlepas dari adanya Referundum dan sederet konflik yang menimpa negara tersebut saat hendak memerdekakan diri.

Sebelumnya, Timor Leste yang sebelumnya menyandang nama Timor Timur juga baru dapat menggunakan nama negara tersebut pada 27 September 2002 setelah PBB memberi keanggotaan.

Timor Leste resmi mengumumkan wacana untuk masuk ASEAN pada 2011 silam, sebagaimana yang dilansir oleh Reuters.

Wacana tersebut juga telah mendapat dukungan dari Indonesia sebagai salah satu negara pemrakarsa ASEAN.

Indonesia yang akan menjadi ketua ASEAN di 2023 mendatang juga sempat memprioritaskan Timor Leste dapat bergabung dalam perhimpunan negara Asia Tenggara tersebut.

“Tahun 2023 nanti yang juga menjadi salah satu prioritas Indonesia adalah mencoba meyakinkan negara-negara anggota ASEAN lainnya untuk dapat menerima Timor Leste sebagai anggota baru ASEAN,” ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah, dikutip dari Antara.

ASEAN secara serempak telah memberi lampu hijau agar Timor Leste dapat segera bergabung.

Keputusan tersebut juga telah tertuang dalam Road Map yang dirancang ASEAN sebagai pedoman pembahasan KTT mendatang.

Usai resmi menyandang status anggota, Timor Leste berkesempatan untuk menghadiri seluruh pertemuan ASEAN di kesempatan mendatang.

Editor: Surya