Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Presiden Jokowi Sampaikan Belasungkawa Atas Tragedi di Distrik Itaewon
Oleh : Redaksi
Minggu | 30-10-2022 | 15:32 WIB
jokowi_istana1_b.jpg Honda-Batam
Presiden Joko Widodo (Foto: Sekretariat Presiden)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan belasungkawa atas tragedi maut di Distrik Itaewon, Seoul, Korea Selatan (Korsel) saat perayaan Helloween pada Sabtu (29/10/2022) malam yang menewaskan 151 orang.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi di akun Twitter-nya, Minggu (30/10/2022). Ucapan belasungkawa itu disampaikan Jokowi dalam bahasa Inggris.

Jokowi menyampaikan dukacita kepada mereka yang kehilangan orang yang dicintai. Dia juga berharap mereka yang terluka bisa segera pulih. Jokowi mengatakan Indonesia bersama rakyat Korea Selatan.

"Deeply saddened to learn about the tragic stampede in Seoul. My deepest condolences to those who lost their loved ones. Indonesia mourns with the people of South Korea and wishes those injured a speedy recovery," tulis Jokowi.

Terpisah, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi berduka atas tragedi Halloween di Itaewon yang menewaskan 151 orang. Hal itu disampaikan Retno dalam cuitan di akun Twitter pribadinya, @Menlu_RI.

"Belasungkawa dan simpati saya yang terdalam kepada para korban, dan keluarga mereka, atas peristiwa tragis Halloween di Seoul," ungkap Retno.

Retno mendoakan agar korban yang terluka cepat mendapat kesembuhan. "Semoga cepat pulih bagi mereka yang terluka," ujarnya.

Kemenlu juga melaporkan terdapat dua korban luka dari warga negara Indonesia dalam tragedi di perayaan Halloween di Itaewon, Korea Selatan (Korsel). Pihak KBRI Seoul terus memantau perkembangan usai tragedi tersebut.

"Berdasarkan koordinasi KBRI Seoul dengan otoritas setempat dan rumah sakit, sejauh ini terdapat dua WNI luka ringan akibat insiden perayaaan Halloween di Itaewon," ujar Direktur Jendral Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonsia (PWNI-BHI) Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI Judha Nugraha dalam keterangan melalui WhatsApp, Minggu (30/10/2022).

"Kedua WNI tersebut saat ini dalam keadaan baik dan telah pulang dari rumah sakit," ujarnya menambahkan.

KBRI Seoul terus berkoordinasi dengan otoritas setempat termasuk rumah sakit terkait kemungkinan adanya WNI yang menjadi korban. Pihak KBRI juga membuka sekuas-luasnya layanan di hotline KBRI Seoul di +82 10-5394-2546.

Editor: Surya