Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

MT Young Yong Kandas di Selat Singapura, PPLP Tanjunguban Pastikan Tak Ada Pencemaran Laut
Oleh : Harjo
Sabtu | 29-10-2022 | 11:24 WIB
tanker-kandas.jpg Honda-Batam
KNP Rantor P-210 milik PPLP Tanjunguban saat melakukan evakuasi dan survei di lokasi kandasnya MT Young Yong, Selat Singapura, Pulau Takong Kecil, Kota Batam, Kamis (27/10/2022). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Kepala Pangkalan Penjaga Laut dan Pantai (PPLP) Kelas II Tanjunguban, Mulyadi, menyampaikan terkait kandasnya Kapal Tanker MT Young Yong berbendera Djibouti pada Kamis (27/10/2022) malam, tidak memakan korban jiwa dan tidak menimbulkan dampak pencemaran laut.

"Kapal MT Young Yong kandas di Selat Singapura dekat Pulau Takong Kecil, Kota Batam. Tidak ada korban jiwa dan pencamaran laut," ujar Mulyadi, Sabtu (29/10/2022).

Dikatakan Mulyadi, pihaknya sudah mengerahkan dua kapal patroli ke lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi secepatnya serta dalam melakukan evakuasi dilakukan dengan ekstra hati-hati, agar tidak ada dampak yang lebih besar.

"Kita kerahkan KNP Rantor P-210 dan 8 petugas untuk melakukan evakuasi maupun survei serta KSOP Karimun kerahkan KNP 366," ujarnya.

Insiden ini, kata Mulyadi, sudah ditangani instansi terkait, seperti KSOP Karimun, Distrik Navigasi Kelas I Tanjungpinang, PPLP Tanjunguban dan pemilik kapal melalui agen pelayaran untuk mengambil upaya penyelamatan.

Diketahui MT Young Yong bertolak dari Pelabuhan Tanjung Pelepas, Malaysia, menuju Pulau Nipa, Kabupaten Karimun, Kepri pada 18 Oktober 2022. Kapal milik perusahaan yang bermarkas di Hong Kong itu memiliki kantor perwakilan di Singapura.

Editor: Gokli