Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Begini Cara Membedakan STNK Asli dan Palsu
Oleh : Redaksi
Sabtu | 14-09-2024 | 19:05 WIB
STNK1.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) merupakan dokumen wajib untuk kendaraan bermotor. Namun pemilik harus waspada dan teliti untuk membedakan mana yang asli atau palsu.

Mengenali perbedaan STNK asli dan palsu memang diperlukan, terlebih jika hendak melakukan pembelian kendaraan bermotor dengan kondisi bekas.

Tak sedikit masyarakat menjadi korban penipuan jual beli kendaraan bermotor dengan STNK palsu karena awam cara membedakannya.

Anda tentu harus jeli saat mengecek kelengkapan dokumen dari kendaraan yang hendak dibeli. Jangan asal percaya dengan penjual, terlebih diberikan embel-embel harga di bawah pasaran.

Apabila dokumen lengkap, selanjutnya disarankan untuk memeriksa kondisi STNK, dengan memperhatikan tips membedakan STNK asli atau palsu di bawah ini.

Perbedaan pada stiker hologram STNK
Perbedaan paling pertama yang bisa Anda lihat untuk memastikan kondisi STNK asli atau palsu yaitu dari stiker hologram.

Pada STNK asli maupun palsu sama-sama terdapat stiker hologram yang mencirikan keaslian dokumen. Namun, stiker hologram tersebut memiliki perbedaan.

Untuk STNK asli biasanya terdapat stiker hologram yang jika Anda diterawang maka stiker hologram tidak akan berubah warna.

Sedangkan stiker hologram yang terpasang pada STNK palsu, sangat mudah sekali berubah warna saat di terawang.

Lubang kecil-kecil membentuk ejaan STNK
Perbedaan yang paling mencolok dari STNK asli atau palsu yaitu terdapat lubang kecil yang membentuk ejaan STNK.

Apabila Anda hendak melihatnya, harus teliti karena lubang tersebut sangat kecil dan terdapat di bagian sisi kanan pada lembar STNK.

Jika didapati tidak ada lubang tersebut atau polos pada STNK, maka bisa dipastikan STNK kendaraan bermotor Anda palsu.

Material Lembar STNK
Selain itu perbedaan STNK asli atau palsu juga bisa terlihat dari material bahan STNK atau jenis kertas yang dipakai, seperti dikutip dari berbagai sumber.

STNK asli biasanya terbuat dari kertas yang cukup tebal, dengan tekstur kasar di permukaan kertas serta terdapat lubang membentuk ejaan STNK.

Sedangkan untuk STNK palsu biasanya berbahan kertas dengan permukaan halus, polos, tidak ada lubang, sangat mudah dilipat, dan mudah rusak atau sobek.

Itulah tips membedakan STNK asli atau palsu. Jika masih ragu, Anda juga bisa mengecek barcode yang tertera pada STNK dengan aplikasi scan barcode untuk mengetahui keaslian STNK, atau membawanya ke kantor polisi terdekat.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha