Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Perusda Karimun Terus Merugi, Usmantono Tetap Dipertahankan
Oleh : Khoiruddin Nasution/Dodo
Rabu | 08-08-2012 | 12:36 WIB
usmantono.gif Honda-Batam
Usmantono, Dirut Perusda Karimun.

KARIMUN, batamtoday - Sebagai pusat perbelanjaan untuk kebutuhan sehari-hari, pasar puakang tentunya tidak pernah sepi dari pembeli yang berasal dari pulau Karimun Besar ini. Sehingga sangat mustahil jika para pedagang tidak membayar uang sewa serta retribusi pasar lainnya tersebut.


Namun, minimnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pasar yang dikelola Perusahaan Daerah (Perusda) ini sangatlah wajar dipertanyakan berbagai pihak. Mulai dari kalangan Legislatif Karimun, Lembaga Swadaya Masyarakat hingga tokoh masyarakat.

Akibatnya, desakan agar Direktur Perusda turun dari jabatannya yang pada akhirnya berujung laporan dugaan korupsi ke institusi Adiyaksa, agar persolan ini diusut tuntas, terus berlanjut.

Pasalnya, 4 perusahaan yang dikelola Perusda, diantaranya SPBU, SPBB, Air Minum dan Pasar itu tidak menghasilkan PAD yang signifikan ke negara. Hanya janji manis diawal pelantikan dengan buaian target Rp1 miliar setahun, sebagai sarana memuluskan suksesi Usmantono sebagai Direktur Utama  Perusda Karimun.

Namun 'ape kesah', hanya Rp50 juta saja yang mampu disumbangkan Usmantomo pada Tahun Anggaran 2010 yang lalu ke negara. Masihkah figur seperti itu dipertahankan..? Dan apa sebenarnya kepentingan pejabat Karimun sehingga sangat bernafsu mempertahankan jabatan Usmantono sebagai Direktur Perusda Karimun.