Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Operasi Ketupat, Polda Kepri Kerahkan 600 Personil
Oleh : Ali/Dodo
Selasa | 07-08-2012 | 15:46 WIB

BATAM, batamtoday - Menghadapi Idul Fitri 1433 Hijriah, Polda Kepulauan Riau (Kepri) siagakan 600 personil yang akan dikerahkan dalam pengamanan Lebaran di titik-titik keramaian dan rawan kriminalitas di Batam.


"Jumlah ini hanya dari Polris aja, bila ditambaa dengan satuan pengamanan TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan akan mencapai ribuan," ujar Kepala Biro Operasional Polda Kepri, Kombes Pol M. Aris Purnomo, Selasa (7/8/2012).

Personil akan dikerahkan pada saat operasi ketupat, tambahnya dimulai  pada Sabtu (11/8/2012) hingga Minggu (26/8/2012) usai Lebaran. Namun, sehari sebelum pengamanan Lebaran dimulai, Polda Kepri akan melakukan gelar pasukan terlebih dahulu untuk memastikan seluruh pasukan siap melakukan pengamanan.

Sebanyak 600 personil Polda Kepri dan satuan dari instansi lain, katanya akan disebar di beberap titik pos pengamanan dan pengaduan yang tersebar 12 pos di wilayah Polresta Barelang.

"Sedangkan untuk wilayah di Tanjungpinang akan didirikan enam pos, lima pos di Bintan, empat pos pengamanan di Natuna, delapan pos di Lingga dan enam pos pengamanan di Karimun. Untuk personilnya tetap gabungan antar satuan wilayah masing-masing dengan instansi terkait," jelasnya.

Sedangkan untuk wilayah Batam, pos- pos pengamanan akan didirikan di pusat-pusat keramaian seperti pelabuhan, Bandara Hang Nadim, pusat perbelanjaan seperti pasar dan Mall yang ada di Batam yang akan dijaga oleh beberapa personil.

"Jumlah personil di masing- masing pos yang ditempatkan disesuaikan dengan situasi keramaian. Contohnya saat menjelang lebaran, bandara akan ramai, tapi saat lebaran akan sepi. Nah saat itu, personil akan kita geser ke kawasan keramaian, seperti tempat wisata," terang Aris.

Selain pengamanan di titik-titik pengunjung, Polda Kepri juga akan melakukan pengamanan di titik-titik keramaian lainnya seperti masjid, tempat-tempat wisata dan juga rumah-rumah kosong yang ditinggalkan oleh penghuninya.