Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kanpel Laut Batam Siapkan Posko Mudik Lebaran
Oleh : Hendra Zaimi/Dodo
Selasa | 07-08-2012 | 11:32 WIB

BATAM, batamtoday - Kantor Pelabuhan Laut (Kanpel) Laut Batam menyiapkan posko mudik di tiga Pelabuhan guna memperlancar arus mudik tahun 2012 ini, posko mudik tersebut terdapat di Pelabuhan Beton Sekupang, Pelabuhan Domestik Sekupang dan Pelabuhan Telaga Punggur.


"Posko yang kita dirikan ini akan membantu penumpang dalam mendapatkan informasi, jasa kesehatan serta keamanan dalam perjalanan selama mudik lebaran," ujar Pelaksana Harian (PH) Kanpel Laut Batam, John Kenedi kepada batamtoday, Selasa (7/8/2012).

Dalam pelaksanaannya, posko mudik ini terdiri dari berbagai instansi, antara lain Polresta Barelang 175 orang, TNI AL 10 orang, TNI AD enam orang, Kanpel Batam 35 orang, Ditpam BP Batam 30 orang dan  Dishub Batam 14 orang.

"Total personil sebanyak 270 orang yang siap melayani pemudik tentang informasi dan keamanan," terangnya.

Untuk pelayanan kesehatan, lanjut John Kenedi, posko mudik menyiagakan 12 dokter, 30 orang perawat medis dan dua unit mobil ambulance, yang dibagi dalam tiga posko di pelabuhan.

"Patroli laut serta sidak semakin kita tingkatkan guna mencegah terjadinya hal yang tak diinginkan," tambah lelaki yang juga menjabat sebagai Kabid Kesyahbandaran ini.

John menambahkan, patroli yang dilaksanakan bertujuan untuk memastikan dan mengontrol cuaca di perairan Kepri, serta mengantisifasi kecelakaan di laut, sebab jika ada kapal atau ferry yang bermasalah tim patroli akan langsung membantu mereka.

"Guna mencegah itu semua, armada yang akan membawa penumpang meski layak berlayar dan tak beloh membawa over kapasitas. Bagi mereka yang melanggar akan kita tindak tegas mereka dengan mencabut izin berlayar," pungkasnya.