Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Insentif PPnBM Berakhir, Harga Mobil LCGC Naik Hingga Rp 3 Juta
Oleh : Redaksi
Selasa | 04-10-2022 | 17:59 WIB
relaksasi-ppnbm.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil kategori Low Cost Green Car (LCGC) resmi berakhir. (CNN Indonesia)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil kategori Low Cost Green Car (LCGC) resmi berakhir 1 Oktober 2022. Hal ini membuat agen pemegang merek menyesuaikan harga LCGC hingga Rp 3 juta.

Untuk diketahui perpanjangan Relaksasi PPnBM DTP mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 5 /PMK.010/2022 tentang Pajak Penjualan atas Barang Mewah atas Penyerahan Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor Tertentu yang Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2022.

Untuk LCGC, insentifnya diberikan dalam tiga tahap. Pada kuartal pertama dengan tarif PPnBM sebesar nol persen, diikuti kuartal kedua sebesar 1 persen, kuartal ketiga 2 persen, dan kuartal keempat tarif PPnBM yang dikenakan akan dibayar penuh oleh pelanggan sebesar 3 persen.

"Di bulan Oktober ini tentunya ada penyesuaian harga, khususnya untuk model LCGC karena sudah tidak ada lagi relaksasi PPnBMnya," kata Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) melalui pesan singkat, Selasa (4/10/2022).

Penjelasan Hendrayadi model LCGC Daihatsu mengalami kenaikan harga bervariatif, seperti Ayla kini lebih mahal Rp 2,8 juta- Rp 3,3 juta. Sedangkan Sigra kenaikannya mulai Rp 2 juta- Rp 2,4 juta.

Business Innovation and Sales & Marketing Director Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy mengatakan pihaknya juga menaikkan harga dengan penyesuaian pengenaan PPnBM untuk model LCGC.

Model LCGC satu-satunya Honda yaitu Brio Satya mengalami kenaikan harga sekitar 0.6-0.9 persen.

"Jadi sekitar Rp 1 jutaan," kata Billy.

Sementara dua model LCGC dari Toyota yaitu Agya dan Calya, kenaikan harga pasca pengenaan PPnBM sebesar 3 persen berkisar Rp 1 jutaan sampai dengan Rp 2 jutaan.

"Range-nya mulai Rp 1 jutaan hingga Rp 2 jutaan," kata Direktur Marketing Toyota Astra Motor Anton Jimmy.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha