Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mudik Lebaran, Pelabuhan Sekupang Siapkan Posko Kesehatan dan Keamanan
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Rabu | 01-08-2012 | 14:28 WIB
sekupang-moegi-oetomo.gif Honda-Batam
Moegi Oetomo, Kepala Satuan Kerja Kantor Pelabuhan Domestik Sekupang.

BATAM, batamtoday - Moegi Oetomo, Kepala Satuan Kerja Kantor Pelabuhan Domestik Sekupang mengatakan pihaknya telah siap menangani arus mudik lebaran. Di pelabuhan akan disiapkan posko kesehatan serta keamanan untuk kenyamanan penumpang yang akan mudik.


Dijelaskan Moegi, posko kesehatan nantinya berada di ruangan karantina dekat ruang tunggu keberangkatan dan akan dibantu oleh Jasa Raharja. Bagi penumpang yang kondisinya kurang sehat bisa berobat atau istirahat sementara.

"Mengantisipasi penumpang yang sakit saat akan mudik," kata Moegi kepada wartawan, Rabu (1/8/2012).

Selain itu, juga dibuat posko pengamanan di depan pelabuhan yang terdiri dari tim gabungan TNI, Polri dan Ditpam BP Kawasan guna menjaga keamanan dan ketertiban arus mudik maupun arus balik lebaran.

"Posko pengamanan dibuka pada H-13 hingga H+13 nanti," ungkapnya.

Selain itu, guna mengantisipasi penumpukan penumpang yang akan berangkat, maka akan dibuka pintu dua. Selain itu penumpang juga bisa menunggu di pintu masuk dermaga, namun tidak boleh berkumpul di ponton.

"Ruang tunggu d iteras hingga koridor pelabuhan. Berhenti di ramdor. Menunggu kapal datang. Jangan sampai penumpang penuh di ponton," terangnya.

Terkait lonjakan jumlah penumpang, Moegi memperkirakan bisa mencapati 7.000 hingga 8.000 penumpang yang akan mudik. Jauh meningkat dari hari biasa sekitar 1.000 penumpang dalam sehari.

"Kalau dari mudik lebaran tahun lalu diperkirakan meningkat sebanyak 10 persen," katanya.