Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah, Alasan Pemko Batam Menerbitkan Izin Taksi Blue Bird
Oleh : Ocep/Dodo
Selasa | 31-07-2012 | 18:03 WIB
dahlan-menjeb.gif Honda-Batam
Wali Kota Batam Ahmad Dahlan.

BATAM, batamtoday - Pemerintah kota menerbitkan izin pengoperasian Taksi Blue Bird di Kota Batam dengan sejumlah alasan.


Dalam perundingan dengan perwakilan pendemo, Wali Kota Batam Ahmad Dahlan mengatakan pihaknya memberikan izin kepada Blue Bird untuk sebagai contoh pengelolaan taksi yang sesuai standar nasional.

Dia menilai hampir semua armada taksi di Batam belum memenuhi standar pelayanan taksi sehingga perlu adanya contoh untuk merangsang pelaku pertaksian memperbaiki armadanya.

"Taksi di Batam belum memenuhi standar pelayanan, baik secara fisik armada maupun manajemen operatornya," kata Dahlan, Selasa (31/7/2012).

Dimana yang dimaksud secara fisik seperti masih banyaknya taksi di Batam belum memenuhi aturan usia kendaraan dan pemasangan argo meter.

Sedangkan secara manajerial, masih banyak sopir taksi resmi belum terdata menjadi anggota operator atau koperasi taksi yang ada.

Begitu juga dalam hal pengadaan identitas dan seragam sopir resmi untuk lebih menjamin legalitas armada serta keamanan dan kenyamanan penumpang.

Selain itu, lanjutnya, pemerintah kota juga menerbitkan izin operasi Blue Bird guna menghindari pelanggaran aturan persaingan usaha tidak sehat.

"Kalau kami tidak memberikan izin yang sama dengan operator lain, kami bisa dianggap melakukan praktik monopoli oleh KPPU," jelasnya.

Dahlan mengklaim bahwa selama ini pemerintah kota melalui Dinas Perhubungan sudah menyosialisasikan dan menginstruksikan kepada para operator dan koperasi taksi di Batam untuk menyesuaikan standarisasi armadanya.

Namun sampai sekarang dia menilai kondisi fisik taksi dan manajemen pertaksian di kota ini belum juga mengalami perkembangan yang berarti.

Karena itu, lanjutnya, pemerintah kota berinisiatif untuk kembali menerbitkan izin operator taksi berskala nasional lain hadir di Batam setelah pada tahun lalu sudah memberikan izin kepada Silver Cab.

"Tidak ada alasan lain yang menjadi pertimbangan kami mengeluarkan izin Blue Bird beroperasi di Batam selain soal teknis dan manajemen itu," kata Dahlan.