Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hari Bakti ke-65 TNI AU

Nilai Luhur Perintis TNI AU Tak Lekang Zaman
Oleh : Agus/Dodo
Senin | 30-07-2012 | 16:05 WIB

TANJUNGPINANG, batamtoday - Keluarga Besar TNI Angkatan Udara menggelar Upacara Peringatan Hari Bakti ke-65 TNI AU di lapangan Lanud Tanjungpinang, Minggu (29/72012).


Bertindak sebagai Inspektur Upacara Komandan Lanud Tanjungpinang Letkol Pnb M.J. Hanafie dan diikuti seluruh personel Lanud Tanjungpinang.
            
"Hari Bhakti TNI AU diperingati setiap tahun dan mengingatkan kita khususnya prajurit TNI AU akan perjuangan dan pengorbanan para pelopor TNI Angkatan Udara atas keberanian Kadet-kadet Penerbang muda seperti Sutardjo Sigit, Suharnoko Harbani, Mulyono serta para teknisinya dalam menghancurkan pertahanan Belanda," kata Hanafie.

Namun di hari yang sama tiga orang pelopor Angkatan Udara yakni Komodor Udara Agustinus Adisutjipto, Komodor Udara Prof. Dr. Abdulrachman Saleh dan Opsir Muda Udara Adi Soemarmo Wirjokusumo, gugur ketika pesawat Dakota VT-CLA yang membawa obat-obatan bantuan dari Palang Merah Malaya ditembak pesawat Kitty Hawk Belanda sebagai aksi balas dendam dan jatuh di desa Ngoto, sekitar 3 kilometer selatan Lanud Maguwo Yogyakarta, tambah Hanafie. 

Kepala Staf`Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Imam Sufaat dalam sambutannya yang dibacakan oleh Komandan Lanud Tanjungpinang diantaranya mengatakan, peringatan Hari Bakti tidak sekedar seremonial, tetapi harus dimaknai sebagai starting point untuk meningkatkan pengabdian TNI AU kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

“Sebagai generasi penerus TNI AU kita harus selalu menjaga nilai-nilai luhur yang ditunjukkan para pelopor dan perintis TNI AU, tetap relevan dan tidak pernah lekang oleh jaman meskipun dihadapkan pada tantangan tugas akibat perkembangan lingkungan strategis yang bergerak dengan cepat” demikan penekanan KASAU.   

Di samping itu, KASAU Juga menghimbau, agar peringatan Hari Bakti ke-65 TNI AU ini dapat meningkatkan kepedulian sosial dengan terus meningkatkan kualitas darma bakti kepada masyarakat sejalan dengan tema Hari Bakti ke-65 TNI 2012, “Dilandasi Nilai Peristiwa 29 Juli 1947, TNI AU Bertekad Meningkatkan Darma Baktinya Kepada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

Menyambut peringatan Hari Bhakti ke 65 TNI AU kali ini, Lanud Tanjungpinang telah menggelar beberapa rangkaian kegiatan, diantaranya anjangsana ke Panti Asuhan Umi al-Fitrah, gotong royong membersihkan lingkungan kompleks perumahan serta ziarah ke Taman Makam pahlawan Pusara Bakti Tanjungpinang.