Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lahan Tak Tersedia

Pembangunan Gedung SD Negeri 009 Mukakuning Terancam Batal
Oleh : Gokli/Dodo
Senin | 30-07-2012 | 12:13 WIB

BATAM, batamtoday - Pembangunan gedung baru untuk SD Negeri 009 Mukakuning di samping Rusun Otorita terancam batal. Pasalnya, penguasa lahan di Batam dalam hal ini BP Batam tak setuju di lahan tersebut didirikan sekolah.


Forum Masyarakat Seibeduk (Formasi), gabungan tokoh masysrakat yang menggagas berdirinya SD di Mukakuning merasa sangat kecewa. Padahal, SD Negeri 009 sudah menampung puluhan siswa baru dan karena gedung tidak ada, saat ini puluhan siswa tersebut menumpang belajar di aula Rusunawa Mukakuning.

Suparno, tokoh masyarakat Kecamatan Seibeduk menyesalkan pernyataan BP Batam yang tidak memberikan persetujuan didirikan gendung sekolah baru di lahan tersebut, karena hal ini dinilai sudah terlambat.

"Aneh memang, masa lahan untuk pembangunan sekolah saja sangat susah disetujui. Ini untuk kepentingan umum, bukan kepentingan pribadi," kesalnya, Senin (30/7/2012) siang.

Ditambahkannya, BP Batam membuat pernyataan di salah satu media lokal yang menyebutkan tak setuju lahan seluas dua hektar di daerah Mukakuning dibangun gedung sekolah baru. BP Batam berdalih, lahan tersebut sangat berdekatan dengan kawasan industri.

"Ini kayaknya konyol, masa lahan sekolah tak bisa dekat kawasan industri. Kalau semua se-Kota Batam ini industri maka sekolah tak bisa lagi didirikan, gimana industri bisa jalan kalau anak-anak tak sekolah," keluh Suparno dan beberapa rekannya di Formasi.

Selain Formasi, warga Mukakuning juga turut menyesalkan karena lahan untuk mendirikan sekolah di daerah tersebut tak disetujui. Terlebih, warga Mukakuning menyambut antusias keberadaan SD Negeri 009 yang sudah menampung puluhan siswa baru.

"Kenapa sih untuk lahan sekolah saja susah disetujuinya. Sementara, jarak lokasi industri dengan rencana pembangunan sekolah sangat jauh," ungkap Amidun salah seorang warga.

Diberitakan sebelumnya, di Kecamatan Seibeduk terdapat dua sekolah baru yang dibuka pada tahun ajaran 2012/2013. Salah satunya SD Negeri 009 di Mukakuning dan SD Negeri 008 di Duriangkang. Untuk permbangunan gedung baru SD008 saat ini direncanakan di lahan kosong yang berdekatan dengan SMPN 40. Dan,lahan tersbut sesuai dengan informasinya sudah mendapat persetujuan.