Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Puluhan Orang Tua Murid Geruduk Disdik Batam
Oleh : Roni/Berton/Dodo
Rabu | 18-07-2012 | 13:04 WIB

BATAM, batamtoday - Merasa telah dizolimi, puluhan warga Kavling Lama, Sagulung protes ke Dinas Pendidikan Kota Batam, Rabu (18/7/2012) sekitar pukul 11.30 WIB. Pasalnya anak mereka tidak bisa bersekolah di SMA 5 Sagulung, padahal mereka warga lingkungan sekolah dan memiliki nilai cukup untuk mengenyam pendidikan di sekolah tersebut.


Sondang, salah satu orang tua calon siswa mengatakan sangat kecewa dengan penerimaan siswa di SMA 5, Sagulung. Pasalnya, anak mereka tidak bisa bersekolah disana padahal warga sekitar dan nilainya cukup bagus. Murid yang lulus sekolah tercatat 425 orang, sedangkan yang diterima secara online 145 orang.

"Sementara orang lingkungan sendiri malah tidak masuk," kata Sondang yang mengatakan jarak rumahnya dari sekolah hanya 300 meter saja.

Setelah dilakukan pengecekan, ternyata murid yang diterima di SMA 5 kebanyakan dari luar lingkungan sekitar. Mereka tidak memenuhi kuota 20 persen dari lingkungan sekitar.

"Ada 25 siswa yang tidak tertampung disana. Tapi hanya 17 lagi yang protes dan belum masuk sekolah sampai sekarang," ungkap Sondang.

Sementara itu, Thomson Siregar menyesalkan pernyataan Yahya Sekretaris Disdik yang mengatakan kepada mereka bahwa penerimaan siswa baru di SMA 5, Sagulung sudah cukup bagus. Sementara kenyataannya malah sangat kacau.

"Kata Pak Yahya penerimaan murid di SMA 5 cukup baik, dan permasalahan sudah ditutup. Karena tidak ditanggapi dengan baik, kita akan ke Polresta Barelang," kata Thomson.

Ketika disinggung apakah ada indikasi pihak komite meminta uang, Thomson menduga ada, akan tetapi belum bisa dibuktikan.

Sementara, Sekretaris Disdik, Yahya saat coba dikonfirmasi tidak bersedia memberikan keterangan karena yang berhak untuk memberikan statement ke media adalah Kepala Dinas Pendidikan yang saat itu tidak ada di tempat.