Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kanwil DJP Kepri Minta Bantuan Gubernur Ansar Sosialisasikan PPS Wajib Pajak
Oleh : Aldy
Selasa | 22-02-2022 | 18:12 WIB
Ansar-Cucu.jpg Honda-Batam
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad bersama Kakanwil DJP Kepri, Cucu Supriyatna menyatakan komitmen mensukseskan PPS wajib pajak di Kepri, Selasa (22/2/2022) di Hotel Golden View, Bengkong Laut, Batam. (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Kepri, Cucu Supriyatna meminta Gubernur Ansar Ahmad untuk ikut mensosialisasikan program pengungkapan sukarela (PPS) wajib pajak di Kepulauan Riau.

Hal ini disampaikan Kakanwil DJP Kepri kepada Gubernur Ansar Ahmad saat berbincang di Loby Hitel Golden View, Bengkong Laut, Batam, Selasa (22/2/2022).

Cucu mengatakan, agar semua wajib pajak baik itu pengusaha atau pejabat Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota serta semua stakeholder untuk menyampaikan laporan pajak tahunan tepat waktu. Di mana, program PPS ini merupakan amanat UU Harmonisasi Peraturan Perpajakan.

"Diharapkan pada Maret mendatang, Gubernur sudah mensosialisasikan program PPS ini, dengan mengundang Bupati dan Wali Kota se-Provinsi Kepri serta para Kepala Dinas dan Forkopimda maupun stakeholder terkait," ucap Cucu Supriyatna.

Di samping meminta Gubernur sampai ke tingkat bawah untuk menyampaikan SPT tahunan tepat waktu, Kanwil DJP Provinsi Kepri juga sedang berusaha meraih predikat Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi untuk Wilayah Provinsi Kepulauan Riau.

"Dengan dukungan Gubernur, Wali Kota dan Bupati se-Kepri, kami optimistis bisa meraih predikat sebagai Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi," terangnya.

Kemudian, Kakanwil DJP Provinsi Kepri menerangkan, langkah-langkah pencegahan korupsi tidak hanya dilakukan para pegawai Ditjen Pajak, namun pihaknya juga meminta kepada wajib pajak, agar jangan memberikan imbalan atau iming-iming kepada petugas pajak.

"Kami juga terus melakukan pengawasan terkait penerimaan pajak dan rutin memberikan motivasi kepada petugas dan wajib pajak untuk tetap berada pada koridornya, apabila ada kejanggalan, kami siap menerima laporan dari masyarakat dan teman-teman dari awak media," kata Cucu Supriyatna.

Sementara Gubernur Ansar Ahmad menyampaikan, imbauan dari Kakanwil DJP Provinsi Kepri ini untuk mensosialisasikan penyampaian laporan SPT tahunan, segera dilakukan khususnya di lingkungan Pemprov Kepri dan seluruh kabupaten/kota. "Kami menyambut baik apa yang disampaikan oleh Kakanwil, nantinya kita akan sosialisasikan bersama dengan bagian penerimaan pajak kita, dan semua stakeholder, dan kita mendukung program PPS yang disampaikan beliau," kata Gubernur Ansar.

Editor: Gokli