Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ramadhan, Murid Sekolah Libur 28 Hari
Oleh : Ocep
Senin | 16-07-2012 | 19:48 WIB

BATAM, batamtoday - Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau meliburkan kegiatan belajar mengajar di sekolah-sekolah selama bulan puasa sampai dengan berakhirnya suasana Hari Raya Idul Fitri atau mulai 30 Juli sampai 27 Agustus 2012 mendatang.


Yatim Mustafa, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau, mengatakan sekolah-sekolah di Kepri libur puasa mulai tanggal 30 Juli hingga 27 Agustus 2012.

"Kebijakan tanggal libur bulan puasa sudah dibahas melalui rapat koordinasi seluruh Dinas Pendidikan Kabupaten Kota di Kepri. Libur puasa mulai 30 Juli sampai 27 Agustus," ujarnya disela mengikuti kegiatan kunjungan kerja Komisi X DPR RI di lantai lima Graha Kadin, Senin (16/7/2012).

Menurutnya, kebijakan meliburkan siswa saat Ramadan demi mengefisiensikan dan mengefektifitaskan jam belajar siswa.

Kebanyakan anak didik juga dinilai lebih cepat merasa lelah sehingga sulit menyerap mata pelajaran yang diajarkan.

Namun demikian, dilain pihak para orangtua tidak sedikit yang mengeluhkan lamanya waktu libur sekolah ini.

"Kan lucu, apalagi untuk anak yang baru pertama kali masuk sekolah, masa Orientasi belum selesai, sudah libur lagi. Cuma sekolah tiga hari langsung libur lagi," ujar Ramadhani, Warga Batu Aji yang menyekolahkan anaknya di salah satu sekolah negeri.

Menurutnya, dinas pendidikan harusnya mempertimbangkan dampak psikologis anak yang libur panjang lalu baru masuk sekolah tiga hari sudah diliburkan kembali.

"Anak-anak bisa jadi malas, baru orientasi, libur. Ketika masuk sekolah lagi, jadi musti orientasi kembali," sambungnya.

Begitu juga yang dikeluhkan Widodo, Warga Batam Center yang menyekolahkan anak-anaknya di salah satu sekolah swasta yang menyebutkan rentang waktu liburan ini sebagai suatu hal yang lucu.

"Pendidikan di Indonesia memang lucu. Pendidikan itu nggak penting, yang pentingkan uang masuknya. Sudah libur tapi uang sekolah malah jalan. Selalu begitu," ujar Widodo sinis.