Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

55 Imigran Penghuni Rudenim Tanjungpinang Kabur
Oleh : Agus/Dodo
Senin | 16-07-2012 | 14:11 WIB

TANJUNGPINANG, batamtoday - Sebanyak 55 imigran penghuni Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Tanjungpinang kabur dari tempat tersebut dengan cara merusak terali besi pada Senin (16/7/2012) sekitar pukul 03.00 WIB dini hari tadi.


"Dari 55 imigran yang kabur, 15 diantaranya dapat kami tangkap kembali di kawasan Anggrek Merah. Sementara 40 imigran lainnya masih dalam pencarian," kata Yunus Junaid, Kepala Rudenim Tanjungpinang.

Yunus menjelaskan para imigran tersebut kabur dengan cara membobol pintu terali besi di blok C dan blok B lantai II serta III Rudenim Tanjungpinang. Imigran tersebut disebutnya kabur dengan bermodal kawat baja yang digunakan sebagai kain jemuran untuk menuruni tembok Rudenim.

"Kejadian kabur ini, baru diketahui petugas sekitar 10 menit usai puluhan imigran ini melarikan diri," ujarnya.

Yunus menyebutkan acap kalinya imigran kabur dari Rudenim, diakibatkan minimnya kuantitas petugas pengawasan di tempat tersebut. Sebanyak 400 imigran yang ditampung, dikatakannya hanya diawasi oleh 30 petugas saja.

"Efektif setiap shift hanya dijaga 8 hingga 10 petugas," kata dia.

Selain itu, Yunus mengaku 30 petugas Rudenim sudah bekerja seoptimal mungkin.

Yunus berharap, dalam waktu dekat pihaknya dapat tambahan anggota agar dapat mengawasi gerak-gerik dari para imigran di Rudenim Tanjungpinang.