Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Buka Musrenbang Tiga Kelurahan di Galang, Marlin: Fokus Kembangkan Potensi yang Ada
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 04-02-2022 | 17:04 WIB
musrenbang-Kelurahan.jpg Honda-Batam
Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina bersama Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad saat membuka Musrenbang di 3 kelurahan wilayah Kecamatan Galang, Kamis (3/2/2022). (Diskominfo Kepri)

BATAMTODAY.COM, Batam - Wakil Gubernur Kepri, Hj Marlin Agustin berpesan tiap kelurahan fokus mengembangkan potensi masing-masing. Dengan fokus, potensi itu akan membesar dan memberi manfaat bagi daerah tersebut. Termasuk perkembangan ekonomi masyarakatnya.

"Satu, tetapi fokus. Jangan buat banyak-banyak tapi nanti ilang," pesan Wagub Marlin saat menghadiri Musrenbang Tingkat Kelurahan Air Raja, Subang Mas dan Rempang Cate, di Pantai Melayu Kecamatan Galang, Kota Batam, Kamis (3/2/2022), demikian dikutip laman Diskominfo Kepri.

Ketua TP PKK Kota Batam ini memberi contoh tentang potensi pantai-pantai di Kawasan Pulau Galang. Cukup banyak pantai yang menarik ribuan pengunjung tiap akhir pekan.

Di era media sosial ini, Wagub Marlin menyarankan pengelola untuk membangun spot-spot yang menarik ketika ditampilkan. Istilah anak muda, spot yang instagramable. Yang kemudian dimanfaatkan untuk berfoto atau selfie.

"Dengan sendirinya anak-anak muda itu ikut mempromosikan melalui media sosial. Kalau viral, makin banyak orang luar yang hadir," kata Wagub Marlin.

Ketua Pikori BP Batam ini pun senang dalam silaturahminya ke Kecamatan Galang, beberapa daerah sudah menyatakan ingin fokus pada satu kegiatan. Seperti ada yang ingin mengembangkan batik, yang membuat Wagub Marlin mendorong OPD terkait untuk membuat pelatihan-pelatihan. Tentu itu dibisa silakukan berdasarkan usulan masyarakat melalui Musrenbang.

Demikian juga dengan daerah yang ingin mengembangkan produk UMKM dan IKM. Serta ingin fokus pada pengembangan kompang atau qasidah. Untuk ini, Ketua Dekranasda Kota Batam ini malah sudah melakukan rapat dengan para camat. Pihaknya akan mendukung pengembangan seni yang selalu dipertandingkan Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia (Lasqi) ini.

"Salah satu kuncinya adalah diusulkan melalui musrenbang," kata Wagub Marlin.

Pemprov Kepri, kata Wagub Marlin, akan mengambil peran mendukung pengembangan tiap daerah. Apalagi dalam memenuhi undangan Musrenbang itu, Wagub Marlin hadir bersama Wakil Ketua III DPRD Kepri, T Afrizal Dahlan. Hadir juga pada kesempatan itu Wakil Wali Kota Batak H Amsakar Ahmad.

Editor: Gokli