Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Minggu, Pencarian Korban KM Indra Jaya 188 Dihentikan
Oleh : Ali/Dodo
Jum'at | 13-07-2012 | 15:37 WIB
danlanal-batam.gif Honda-Batam
Komandan Lanal Batam, Kolonel Laut (P) Nurhidayat.

BATAM, batamtoday - Tim pencarian korban KLM Indra Jaya 188 yang hilang setelah kapal itu tenggelam mengisyaratkan akan menghentikan pencarian pada Minggu (15/7/2012) mendatang.


"Sabtu hari terakhir dilakukanpencarian. Minggu pencarian terpaksa dihentikan mengingat kondisi pencarian korban yang sudah tidak mungkin dilakukan lagi," ujar Komandan Lanal Batam, Kolonel Laut (P) Nurhidayat, Jumat (13/7/2012).

Dihentikannya penyusuran pencarian satu korban lagi yang saat ini belum juga ditemukan, menurut Nurhidayat salah satu faktor utama adalah masalah anggaran oprerasional dilaut yang membutuhkan anggaran yang cukup tinggi.

"Anggaran yang tersedia di Basarnas saat tidak cukup, adapun jumlahnya sedikit," kata dia.

Sehingga, katanya, untuk menghemat anggaran yang ada, kapal Basarnas 01 Tanjung Pinang yang mengangkut tim pencarian terpaksa tetap dioperasionalkan di radius 15 mil dari tempat kejadian.

"Makanya untuk mengantar kedua korban yang ditemukan Rabu kemarin ke pos dermaga pangkalan kita (AL) Telaga Punggur menggunakan speed boat," jelasnya.

Dihentikan operasi penyisiran, katanya bukan berarti tim yang terdiri dari AL, Basarnas dan Polair menyerah sat ini, hanya saja untuk melakukan penyelaman, tidak memungkinkan. Mengingat kondisi arus di lokasi tersebut sangat deras dari berbagai arah.

"Untuk melakukan penyelaman, TNI AL sudah berkoordinasi denngan Basarnas dan Polair, tapi karena lokasi titik pertemuan arus dari berbagai arah. Sehingga tidak memungkinkan, karena kondisi arus di sekitar lokasi hanya bisa tenang selama satu jam, untuk waktu satu jam tidak munggin menurunkan penyelam," jelasnya sembari meminta doa kepada semua masyarakat agar sebelum dihentikan pencarian pada Minggu (15/7/2012) mendatang, korban sudah dapat ditemukan.